Home Hiburan Ombak Besar, Kegiatan Wisatawan Dibatasi

Ombak Besar, Kegiatan Wisatawan Dibatasi

kegiatan wisata
Kegiatan wisata di pantai
Kegiatan wisata di pantai

Jepara, 11/02 (Beritajateng.net) –Gelombang besar yang terjadi akhir memasuki puncak musim baratan, membuat pengelola wisata Pantai Bandengan mengeluarkan kebijakan. Di antara kebijakan yang diatur menyangkut soal keselamatan pengunjung.

Manajer objek wisata Pantai Bandengan Mat Khairum menyampaikan pihaknya memang telah menerima pengarahan dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jepara. Memasuki musim baratan, pengelola diminta untuk membatasi kegiatan wisata bagi para pengunjung.

Mat Khairum mengatakan pengunjung tidak boleh melakukan kegiatan mandi di pantai. Kendati demikian masih terdapat sejumlah wisatawan yang mandi di pantai dengan kondisi gulungan ombak yang relatif kuat dan besar.

Untuk itu, pihaknya menempatkan petugas di beberapa titik. Meski tingkat kunjungan menurun drastis, pihaknya mengamati tingkat kunjungan paling ramai terjadi mulai siang pukul 14.00 hingga sore sekitar pukul 17.00.

Petugas yang disiagakan diantaranya dari personil Search and Rescue (SAR), petugas gardu pandang, petugas pantai dari penduduk setempat sebanyak tiga orang. mereka bertugas untuk pelarangan kegiatan mandi yang melebihi batas area.

“Kami mengamati mereka melalui gardu pandang. Bila melanggar batas mandi akan diperingatkan,” ucap Mat Khairum.

Pihaknya juga menekankan kepada para penyedia penyewaan pelampung untuk tak menyediakan alat pelampung sepanjang musim baratan berlangsung.

Selain itu, pelarangan juga dilakukan terhadap penyedia perahu wisata Sapta Pesona yang biasa melakukan rute wisata perahu dari Pantai Bandengan ke Pulau Panjang.

“Wahana wisata memang sengaja kami tiadakan untuk memastikan keselamatan keamanan pengunjung Pantai Bandengan,” katanya.

Disampaikan Mat Khairum, dari pantauan gelombang laut, tingginya mencapai dua meter. Bahkan sesekali gulungan ombak setinggi tiga meter juga terlihat. Kondisi ini diperkuat dengan kondisi cuaca yang cenderung mendung dan berangin kencang.

“Memang angin dari barat bertiup kencang. Jadi memang air laut di pantai sering pasang,” imbuhnya. (BJ18)