Home Headline Oknum PNS Diringkus karena Kasus Narkoba

Oknum PNS Diringkus karena Kasus Narkoba

Narkoba

Semarang, 21/9 (BeritaJateng.net) – Sat Resnarkoba Polrestabes Semarang berhasil meringkus sedikitnya 9 tersangka atas kasus tindak pidana narkotika.

Sembilan tersangka tersebut diantaranya Ernia (30) warga Ngawen, Blora, Heru alias Black (40) warga Gayamsari, Yoko (22) warga Gajahmungkur, Suli alias Tuyul (28) warga Gayamsari, Buang M (42) warga Karangayu, Suyadi (26) warga Ngaliyan, Erwanto (30) dan Sugiman (38) warga Semarang Utara, serta Budi (56) warga Semarang Tengah.

Dari jumlah tersangka yang berhasil diringkus masing-masing diantaranya tidak hanya sebagai pengguna narkoba, melainkan juga sebagai pengedar.

Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Burhanudin memaparkan, para pelaku yang berhasil diungkap oleh pihaknya tersebut, menurutnya dari berbagai kalangan dan latar belakang. Mulai dari seorang tukang parkir, buruh, cleaning service, hingga oknum seorang PNS.

“Jadi ini kita tangkap baik dari pengguna maupun pengedar yang ada di Kota Semarang periode 2 bulan belakang. Jumlah tersangka yang berhasil kita ungkap untuk saat ini ada 9 orang. Para tersangka ini dari berbagai kalangan mulai dari cleaning service, tukang parkir hingga PNS,” kata Burhanudin saat gelar perkara di Polrestabes Semarang, Senin (21/9) siang.

Burhanudin menambahkan meskipun barang bukti yang disita tergolong kecil, namun pengungkapan kasus ini menunjukkan masih banyaknya peredaran narkotika yang ada di Kota Semarang.

Kasus ini masih dalam proses penyelidikan dan akan terus dikembangkan, serta tidak menutup kemungkinan akan ada tersangka lain.

“Meskipun barang bukti ini kecil tetapi hal tersebut sebagai indikasi bahwa masih banyaknya peredaran narkotika di Kota Semarang. Diantara beberapa Kecamatan di Kota Semarang, yang terbanyak di wilayah Kecamatan Gayamsari Semarang. Tentunya akan kita tindak lanjuti secara maksimal, khususnya di tempat-tempat hiburan malam,” ungkapnya.

Dari tangan tersangka, disita sejumlah barang bukti berupa sabu-sabu seberat 44,645 gram, 9 buah handphone, 2 unit sepeda motor, 2 buah bong, pipet kaca, tube urine, dan timbangan serta pil ekstasi sebanyak 64 butir.

Ke sembilan tersangka tersebut ditangkap di tempat dan waktu yang berbeda. Selanjutnya, para tersangka diamankan di Mapolrestabes Semarang guna menjalani proses hukum lebih lanjut. Berdasarkan hasil pemeriksaan dan penyelidikan tersangka akan dikenakan Pasal 112 ayat (1) UU RI Nomor 25 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman maksimal 12 tahun penjara. (BJT02)