Home Hukum dan Kriminal Oknum Pegawai BRI Tipu Nasabah Milyaran

Oknum Pegawai BRI Tipu Nasabah Milyaran

Ilustrasi

Ilustrasi

Kalianda, 4/2 (BeritaJateng.net) – Seorang nasabah Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Kalianda, Lampung Selatan melapor ke Mapolres Lampung Selatan, lantaran menjadi korban penipuan oleh oknum bank setempat hingga miliaran rupiah.

H Safsidi warga Raden Intan Kalianda saat ditemui di Maporles Lampung Selatan, Rabu, mengatakan, dirinya menjadi korban penipuan yang berkedok deposito oleh oknum pegawai Bank BRI Cabang Kalianda, sehingga dirugikan sekitar Rp2,6 miliar.

Ia menceritakan, kejadian bermula saat Bisma oknum pegawai bank tersebut pada bulan Oktober 2014, mendatangi dirinya untuk menawarkan deposito dengan janji-janji keuntungan yang menggiurkan.

Pengusaha toko bangunan itu, tergiur untuk mengikuti deposito tersebut dan memberikan uang setoran murni total Rp3,3 miliar.

Safsidi mengatakan, dirinya sudah mendapatkan cicilan setoran sebesar Rp850 juta. Namun ketika mau meminta cicilan deposito selanjutnya, oknum tersebut mulai menghindar dan menunda-nunda pencairan dana tersebut.

“Awalnya bagus, tapi saat seterusnya, dia terus menghindar dan tidak bisa ditemui. Yang membuat syok, adanya laporan polisi tentang penipuan yang dilakukan oleh seorang oknum Bank BRI,” kata dia.

Khawatir dengan kejadian itu, Safsidi langsung melaporkan peristiwa itu ke Kepala Cabang Bank BRI Kalianda, pada tanggal 29 Januari 2015.

Ia menyebutkan berdasarkan keterangan Kacab BRI itu, dokumen setoran yang diberikan oleh Bisma ternyata palsu alias tidak terkoneksi dalam daftar rekening resmi di bank itu.

“Saya sempat marah-marah di sana, karena belum ada tindakan hingga saat ini, makanya saya melaporkan kejadian ini ke Polres untuk ditindak,” ujarnya.

Informasinya, kata Safsidi, uang dari para nasabah tersebut digunakan untuk kepentingan pribadi sang oknum BRI.

“Katanya, uang ini dikirim ke keluarganya,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolres Lampung Selatan, AKBP Hengki mengaku, pihaknya sudah mengamankan oknum pegawai Bank BRI setempat yang diduga sudah melakukan penipuan terhadap nasabah.

“Orangnya sudah kita tahan, dia adalah salah satu staf di Bank BRI Kalianda,” kata dia.

Kapolres mengatakan, ada sekitar 12 orang yang menjadi korban penipuan oleh oknum tersebut. Namun kata dia, baru beberapa orang saja yang memberikan keterangan atau melaporkan kejadian itu.

“Berdasarkan keterangan tersangka, ada sekitar 12 orang yang menjadi korbannya, dengan kerugian seluruh korban mencapai miliaran rupiah,” tambahnya. (ant/BJ)