Home Ekbis OJK Fokus Garap LKM di Tahun 2015

OJK Fokus Garap LKM di Tahun 2015

338

Semarang, 29/12 (beritajateng.net) – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional IV Jawa Tengah DIY akan fokus garap Lembaga Keuangan Mikro (LKM) pada 2015.

Kepala Kantor OJK Regional IV Jateng DIY, Santoso Wibowo mengatakan, atas izin kelembagaan yang diatur oleh OJK, LKM diharapkan dapat terus berkontribusi untuk memberdayakan masyarakat berpenghasilan rendah dan pelaku usaha mikro dengan tetap memperhatikan aspek prudensial dan perlindungan terhadap nasabah.

Terbatasnya akses terhadap sektor perbankan, menurut Santoso, menjadi salah satu cara masuknya kreditur informal yang menerapkan suku bunga tinggi. Sehingga untuk memenuhi kebutuhan layanan keuangan yang terjangkau terutama bagi masyarakat berpenghasilan rendah Dan pelaku usaha mikro, OJK akan memfokuskan LKM pada 2015 di Jawa Tengah.

“Bagi masyarakat yang ingin menjadi nasabah LKM, registrasi pertama akan dilakukan pada Januari hingga setahun kedepan. Namun selama masa pendaftaran mulai 1 Januari 2015 hingga 2016. Yang tentunya harus memenuhi persyaratan sebagai lembaga mikro entah berbentuk PT atau koperasi,” ujarnya.

Ia menambahkan, kalau nasabah LKM berbentuk koperasi mereka punya dua opsi, mau diawasi OJK atau dinas koperasi. Untuk efektif pengawasan akan dilaksanakan pada 1 januari 2016.

“UKM Jumlahnya ribuan, kab rembang saja hampir 740 jadi kalau 35 kabupaten berapa ribu. LKM fungsinya memberikan simpanan masyarakat juga memberikan pinjaman yang lingkupnya satu kabupaten,” tuturnya.

LKM selain untuk kredit pembiayaan dan asuransi mikro. Jangkauan kita masih terbatas, sehingga kita coba gunakan kios toko untuk penyebaran di desa-desa. (BJ05)