Home Ekbis OJK Dorong LKM Untuk Lengkapi Perizinan

OJK Dorong LKM Untuk Lengkapi Perizinan

image

Solo, 26/5 (Beritajateng.net)- Banyaknya Lembaga Keuangan Mikro (LKM) yang saat ini bermunculan membuat Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menghimbau agar LKM yang sudah berdiri segera melengkapi ijinnya dan juga mendaftar ke OJK agar bisa dilakukan pengawasan oleh OJK agar lebih baik kedepannya.   

M Jufrin Deputi Humas OJK saat menjadi pembicara dalam Seminar Peran OJK Dalam Memperkuat Lembaga Keuangan Mikro Untuk  Mendukung Pertumbuhan Usaha Mikro menyebutkan bahwa sangat diperlukan ijin legal bagi LKM agar keberadaannya bisa terpantau oleh OJK. Untuk itu OJK sudah melakukan sosialisasi dan pelatihan bagi LKM yang ada.     

Ia juga menjelaskan bahwa  pengawasan dari OJK bukanlah sesuatu hal yang menakutkan. Justru dengan diawasi OJK maka kondisinya akan lebih baik terkait aspek menajemen, permodalan, dan tingkat  kesehatan dari LKM itu sendiri akan terpantau dengan baik.  

“Jika kondisi LKM makin membaik maka kepercayaan masyarakat terhadap mereka (LKM) juga semakin meningkat. Dan akan  mendorong masyarakat untuk memanfaatkan  jasa mereka,” jelasnya di Kampus Unisri Solo, Selasa (26/5). 

Sementara itu terkait pengaduan masyarakat yang di tangani oleh OJK selama periode Januari sampai 11 Maret 2015 laporan yang masuk sekitar 300 pengaduan.  Sedangkan  sepanjang tahun 2014 lalu mencapai 2200 kasus dan separuhnya diselesaikan oleh OJK. Dan pengaduan terbanyak ada di perbankan. Selain itu juga masalah  asuransi, lembaga pembiayaan dan sebagainya.     

“Dari 2000 kasus pengakuan yang diterima OJK selama tahun 2014, 67 persennya di selesaikan oleh OJK dan selesai. Sedangkan sisanya sudah masuk dalam ranah hukum dengan melaporkan ke pihak polisi, pengadilan. Sehingga harus diselesaikan dengan jalur hukum,” pungkasnya. (BJ24)