Home Lintas Jateng Nunggak Sewa, Penghuni Rusun Kudu Kaligawe Semarang Diusir

Nunggak Sewa, Penghuni Rusun Kudu Kaligawe Semarang Diusir

1389
Wali kota Semarang Hendrar Prihadi meninjau Rusunawa Kudu, Genuk, Semarang.

Semarang, 15/9 (BeritaJateng.net) – Sejumlah penghuni Rumah Susun Sederhana Sewa Kaligawe Semarang diusir petugas Dinas Tata Kota dan Perumahan karena menunggak uang sewa.

“Ada 23 unit rusunawa yang dikosongkan dari penghuninya. Kami perbolehkan menempati lagi setelah melunasi sewa,” kata Kepala UPTD Rusunawa DTKP Kota Semarang Eko Sulistyo di Semarang.

Menurut dia, penertiban itu dilakukan terhadap penghuni yang kedapatan menunggak uang sewa selama bertahun-tahun sehingga dilakukan tindakan tegas dengan mengusir dan mengganti kunci kamar.

Melihat kedatangan petugas, penghuni rusunawa yang merasa belum melunasi uang sewa terlihat pasrah ketika diperintahkan untuk keluar dari kamar yang mereka tempati untuk diganti dengan kunci baru.

“Sebenarnya, kami masih memberikan toleransi. Makanya, bagi penghuni yang belum membayar boleh menempati rusunawa lagi setelah tunggakannya dilunasi. Ada yang menunggak sampai tiga tahun,” katanya.

Setelah penghuni rusunawa melunasi tunggakan uang sewa, lanjut dia, pihaknya akan segera memberikan kunci kamar yang baru agar mereka bisa menempati kembali rusunawa sebagaimana sebelumnya.

“Kalau kami lakukan penggantian kunci kamar, berarti masih ada toleransi. Begitu penghuni rusunawa melunasi tunggakan, kami segera berikan kunci yang baru ini,” katanya.

Eko menjelaskan pihaknya sudah memberikan surat peringatan sebanyak tiga kali kepada para penghuni rusunawa yang belum membayar uang sewa, namun mereka tidak hadir untuk memenuhi panggilan.

Selain penghuni rusunawa yang menunggak uang sewa, kata dia, petugas dari DTKP Kota Semarang juga menertibkan penghuni rusunawa yang memelihara anjing karena bisa membahayakan penghuni yang lain.

Anjing-anjing peliharaan penghuni rusunawa itu kemudian dibawa ke Kepolisian Resort Kota Besar Semarang untuk disita. (Bj05)