Home Lintas Jateng Normalisasi BKT Diharapkan Dapat Kendalikan Banjir

Normalisasi BKT Diharapkan Dapat Kendalikan Banjir

567
0
Normalisasi BKT Diharapkan Dapat Kendalikan Banjir

Semarang, 5/1 (BeritaJateng.net) – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berharap proyek normalisasi Sungai Kanal Banjir Timur (SKBT) bisa mengendalikan banjir di wilayah timur Kota Semarang.

“Harapannya bisa segera mengendalikan banjir sehingga nantinya betul-betul banjirnya itu bisa dikanalisasi dan `dimanage`, tidak mengganggu aktivitas masyarakat di sekitar sungai,” kata Ganjar usai melakukan peletakan batu pertama proyek pengendalian banjir pada Kanal Banjir Timur, Kota Semarang, Jumat.

Menurut Ganjar, proyek normalisasi Sungai Kanal Banjir Timur ini merupakan bagian yang terintegrasi dan simultan terkait dengan penyelesaian banjir dan rob yang terjadi di Kota Semarang dan sekitarnya.

Selain dapat mengendalikan banjir, hasil akhir normalisasi sekaligus penataan kawasan Sungai Kanal Banjir Timur ini juga bisa menjadi salah satu tujuan wisata.

“Endingnya nanti memuaskan, indah, dan juga untuk pariwisata,” ujar politikus PDI Perjuangan itu.

Groundbreaking Normalisasi Sungai Banjir Kanal Timur

Ganjar juga berharap ada sosialisasi kepada masyarakat yang tinggal di sekitar Sungai Kanal Banjir Timur mengenai perilaku hidup bersih dan tidak membuang sampah sembarangan, termasuk ke sungai.

“Memang perlu bareng-bareng belajar, nanti kita contohkan, para lurah, aktivis-aktivis dan LSM bisa membantu, dari membuang sampah mungkin menjadi pengelola sampah,” katanya.

Proyek normalisasi Sungai Kanal Banjir Timur mendesak dilakukan sebagai upaya penanggulangan banjir di wilayah timur Kota Semarang seperti kawasan Sawah Besar dan Kaligawe.

Peletakan batu pertama proyek normalisasi Sungai Kanal Banjir Timur yang sebelumnya dijadwalkan pada Desember 2017 ini sempat tertunda karena ada revisi dari Menteri Keuangan terkait dengan anggaran pelaksanaan. (Bj/El)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here