Home Ekbis Nikmatnya Yogurt Kufa, Olahan Susu Kambing Asli Semarang

Nikmatnya Yogurt Kufa, Olahan Susu Kambing Asli Semarang

Hasil produksi Yogurt Kufa dari warga Kuncen, Bubakan, Mijen Semarang
Hasil produksi Yogurt Kufa dari warga Kuncen, Bubakan, Mijen Semarang
Hasil produksi Yogurt Kufa dari warga Kuncen, Bubakan, Mijen Semarang

Semarang, 1/10 (BeritaJateng.net) – Banyak potensi yang dimiliki kota Semarang yang belum dikenal masyarakat luas, seperti salah satunya kuliner susu kambing dan olahan susu atau yogurt kambing asli dari Kuncen Farm Semarang.

Berlokasi di desa Kuncen RT. 02 RW. 03 Bubakan Mijen, Semarang, kelompok tani yang memberi nama sesuai daerahnya Kuncen Farm ini sudah sekitar dua tahun mengolah susu kambing menjadi minuman kaya gizi yogurt.

Ketua Kelompok Peternakan Kambing Kuncen Farm Ahmad Zaidi menceritakan awal mula ide membuat susu kambing dan yogurt kemasan yang di beri nama Kufa, kepanjangan dari Kuncen Farm. Menurutnya, peternakan yang dikelola mandiri oleh warga Kuncen ini awalnya hanya memanfaatkan stok berlimpah susu kambing yang diproduksi peternakan Kuncen Farm ini.

“Karena kita masih baru, jadi cari pasaran masih sulit. Sehingga stok susu yang menumpuk dari pada dibuang kemudian kami olah secara otodidak belajar dari internet cara membuat olahan susu menjadi Yogurt,” papar Zaidi.

Kelompok peternakan yang terdiri dari puluhan warga desa Kuncen ini kemudian bersatu mencoba membuat yogurt. “Susu kambing kan identik dengan kesehatan, jadi banyak yang cari untuk mengobati berbagai penyakit. Kalau ingin yang segar kami menyediakan, kalau cari yang olahan juga ada,” terangnya.

Dengan hasil perahan susu 10 hingga 12 liter perhari, olahan susu yang di buat sendiri oleh ibu-ibu warga Kuncen ini dapat menghasilkan 50-60 botol susu kambing dan yogurt berbagai varian rasa.

“Yang fresh milk ada rasa gulajawa, original dan jahe. Sedangkan untuk olahan susu Yogurt tersedia varian rasa choco pandan, kelapa muda, strobery, lechy, durian dan kopi mocha yang berisi 200 liter perbotol dan dipatok dengan harga Rp. 10.000. Bahkan untuk dijual disekolah-sekolah kami siapkan es lilin yogurt seharga Rp. 1.000,” kata Zaidi.

Ia menambahkan, susu kambing Kuncen Farm tidak terasa amis susu kambing dan memiliki aroma dan rasa daerah yang khas yakni rasa pandan dan kelapa muda yang jarang sekali jadi rasa di yogurt buatan pabrik.

Hingga saat ini sistem pemasaran Yogurt dan Susu Kufa baru dipasarkan dikawasan sekitar Mijen dan mitra rekanan saja. Ingin memesan susu segar, susu beku maupun yogurt dapat menghubungi Ahmad Zaidi di 081325209707 atau datang langsung ke Kuncen, Bubakan, Mijen Semarang. (Bj05)