Home Lintas Jateng Simak Nih.. Tips Safety Riding Buat Pemudik Motor

Simak Nih.. Tips Safety Riding Buat Pemudik Motor

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

Solo, 14/7 (BeritaJateng.net) – Banyaknya pemudik yang menggunakan sepeda motor mendapat perhatian dari IKOSA (Ikatan Klub Otomotif Surakarta) yakni paguyuban club atau komunitas motor dan mobil se Solo Raya terkait keamanan (safety riding) dalam berkendara selama mudik.

Menurut Purwanto dari IKOSA yang membawahi divisi motor Yamaha   menghimbau kepada rekan pemudik yang menggunakan sepeda motor harus memperhatikan tiga hal utama yang harus selalu diperhatikan  diantaranya kesiapan kondisi kendaraan, kesehatan, juga mematuhi peraturan  lalu lintas salah satunya adalah kelengkapan surat.  

Pengecekan kondisi  kendaraan seperti, mesin, rem (brake), transmisi, roda, kaca spion dan juga  mentati peraturan berlalu lintas dan jangan berboncengan lebih dari dua orang sehingga safety riding bisa tercapai. 

”Jika rekan pemudik motor mentaati semua peraturan  pasti perjalanan aman, nyaman dan pastinya sampai tujuan,” jelasnya di Solo Jawa Tengah, Senin (13/7).

Purwanto juga menyebutkan  salah satu faktor terpenting yang harus di perhatikan bagi pemudik adalah stamina paling utama. Pemudik harus cukup istirahat serta menjaga kondisi fisik dengan minum vitamin. Agar bisa tetap berkonsentrasi saat berkendara. 

“Kondisi fisik sangat berpengaruh pada konsentrasi saat mengemudi. Setidaknya usahakan setiap 3-4 jam istirahat minimal 1 jam. Jika konsentrasi hilang, bisa membahayakan diri sendiri pengguna jalan yang lain,” tegasnya.   

Selain itu Purwanto juga menyarankan bagi pemudik yang menggunakan motor matic agar menghindari penggunaan rem depan terlebih dahulu. 

“Sepanjang pengalaman saya, jangan menggunakan rem depan dalam keadaan mendadak pasti pengemudinya akan jatuh,” sarannya.  (BJ24)