Home Lintas Jateng Nih Rangkaian Acara Pesta Rakyat Pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Semarang

Nih Rangkaian Acara Pesta Rakyat Pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Semarang

1319

 

Semarang, 17/2 (BeritaJateng.net) – Pemkot Semarang akan mengadakan hajatan besar Pelantikan Walikota dan Wakil Walikota terpilih Hendrar Prihadi dengan Hevearita G Rahayu masa bhakti 2016-2021. Hingga malam hari akan digelar berbagai acara sebagai wujud suyukur terpilihnya Walikota dan Wakil Walikota untuk Warga Kota Semarang tercinta.

Di awali dengan pelantikan serentak Wakil dan Walikota terpilih dari 17 Kabupaten/ Kota Jawa Tengah yang di gelar di Simpang Lima mulai pukul 10.00 pagi oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Usai acara  pelantikan, rencananya Walikota Semarang Hendrar Prihadi dan Wakil Walikota Hevearita G Rahayu, Muspida dan Sekda akan diarak naik becak hias menuju Balaikota Semarang guna meyapa warga masyarakat yang telah menunggu dihalaman Balaikota.

Rencananya Hendrar Prihadi akan menaiki becak  sampai di Tugu Muda saja, Hendi melanjutkan perjalanan dari Tugumuda  menuju Balaikota menaiki  sepeda onthel diikuti rombongan sepeda onthel SEC, dan  rombongan becak hias yang dinaiki Muspida.

Sampai Balaikota Walikota dan Wakil Walikota akan disambut panggung musik  pertunjukan band dari DPKAD Band, Dangdut DIPASS dan lokal pride band seperti i-Five Nasyid, Be Alright Band.Ketika memasuki gerbang balaikota akan diawali  seserahan pindahan adat Jawa berupa kloso bongkok, lampu teplok, sapu dari Hendrar Prihadi dan Hevearita G Rahayu kepada Sekda Adi Trihananto , penyerahan ini sebagai simbolis “kulonuwun”‘ memasuki Balaikota Semarang kantor dimana Walikota dan Wakil Walikota akan  memimpin pemerintahan kota Semarang  sampai lima tahun mendatang, usai penyerahan  diteruskan dengan membasuh tangan dengan air kembang setaman.

Untuk kelancaran prosesi ini Jalan Pemuda akan diberlakukan satu arah mulai jam 11.00 sampai dengan 12.00 bagi warga masyarakat yang akan menghadiri kegiatan ini, telah disiapkan area parkir di halaman Museum Mandala Bakti dan disediakan shuttle bus untuk menuju Balaikota.

Selanjutnya hal yang pertama dilakukan Walikota dan Wakil Walikota akan menyapa warga masyarakat yang telah menunggu sejak pagi hari dan dilanjutkan makan bersama dengan menu khas kota Semarang, untuk menjamu warga masyarakat panitia melibatkan  PKL untuk menyajikan aneka hidangan gratis untuk warga Kota Semarang antara lain soto, bakso nasi goreng pak Karmin, gule Bustaman, bakmi jowo dan aneka menu rakyat lainnya. Disela pesta rakyat juga akan dilakukan  prosesi pelantikan dan pembacaan ikrar secara budaya oleh Walikota dan Wakil Walikota.

Dalam acara pesta rakyat ini menurut rencana Walikota  akan melaunching program Hotline Pengaduan Masyarakat dan  Pemberdayaan Perempuan di Gedung Pusat Informasi Publik (PIP) kompleks Balaikota.

Rangkaian acara  akan dilanjutkan serah terima jabatan  dari  Pj. Walikota Tavip Supriyanto kepada Walikota Hendrar Prihadi  dan   Ketua TP PKK dari Ibu Citradewi Tavip Supriyanto  kepada Ibu Tya Hendrar Prihadi di Ruang Lokakrida lantai 8, sedangkan malam harinya pada pukul 19.00 malam dilaksanakan pisah sambut bertempat di Gedung Moch Ikhsan lantai 8 dengan hiburan band dan pelawak Den Baguse Ngarso bersama Marwoto. (Bj)

Advertisements