Home Hiburan Nguri-Uri Budaya Jawa Lewat Kirab dan Sesaji Rewandha

Nguri-Uri Budaya Jawa Lewat Kirab dan Sesaji Rewandha

IMG-20150723-WA0000

Semarang, 23/7 (BeritaJateng.net) – Dalam rangka ‘nguri-uri’ budaya Jawa Tengah, masyarakat di sekitar Desa Wisata Kelurahan Kandri, Kecamatan Gunung Pati Kota Semarang mengadakan Event Budaya yang sering disebut Sesaji Rewandha.

Dalam acara ini, peserta kirab budaya siap berjalan berjejer dengan rapi melakukan pawai karnaval. Ini merupakan tradisi orang Jawa yang memiliki unggah-ungguh dan sopan santun.

Upacaranya sendiri dibuka oleh Asisten Perekonomian, Pembangunan Dra. Ayu Enthys., MM pada Kamis (23/7) pukul 08.00 di arena Goa Kreo, Waduk Jatibarang, Gunungpati Semarang.

Uniknya, kegiatan ini dilengkapi dengan kirab gunungan buah, gunungan sego kethek, gunungan palawija, tumpeng sego kuning dan replika kayu jati sokoguru Masjid Demak. Adapula Tarian Wanara Parisuko yang dilanjutkan dengan Prosesi Sesaji Rewandha.

Pimpinan Kirab, Mbah Sumar menjelaskan untuk prosesi adat budayanya dimulai dengan memberikan sedekah kepada kera ekor panjang yang mendapat titah  Sunan Kalijaga untuk menjaga Goa Kreo.

“Ini sebagai wujud terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan dan menjaga kelestarian alam bagi umat manusia. Sebagai catatan kirab dan tradisi ini bukan dalam rangka mengkultuskan kera,” ungkapnya.

“Semua sesaji didapatkan dari hasil bumi dari masyarakat Desa Kandri, imbuh Kasi Kesos, panitia kelurahan Kandri,” Budi Hutomo. (Mg-3/BJT01)