Home Ekbis Nestle Lactogrow Ajak Orang Tua Pahami Tumbuh Kembang Anak

Nestle Lactogrow Ajak Orang Tua Pahami Tumbuh Kembang Anak

379
Nestle Lactogrow Ajak Orang Tua Pahami Tumbuh Kembang Anak

Semarang, 14/8 (BeritaJateng.net) – Kehadiran orang tua dalam tumbuh kembang anak memiliki peran yang sangat penting. Namun tak banyak yang tahu, bahwa cara yang lebih sederhana mampu membuat anak tumbuh dengan bahagia.

Elizabeth Santosa, seorang psikolog  perkembangan anak, mengatakan banyak cara yang bisa dilakukan orang tua saat menemani anaknya tumbuh kembang. Terutama menyangkut emosi dan kemandirian anak.

“Misal menemani makan, jadi bukan memerintah anak seperti ibarat tugas, kamu harus makan ini, jam segini, tapi bisa dengan cara sambil bermain,” katanya, disela workshop Grow Happy Parenting bersama Nestle Lactogrow, di Semarang, Jawa Tengah, Rabu (14/8).

Dia pun mempraktekan, dengan sebuah bahan malam warna-warni bisa dibentuk dengan aneka jenis bentuk makanan. Dari menu sarapan, makan siang sampai makan malam.¬†“Jadi anak juga bisa eksplore apa sih menu kesukaannya, dan dia juga jadi tahu jadwal makannya sendiri,” katanya.

Selain itu, orang tua juga bisa membangun antusiasme anak. Anak yang tumbuh dengan antusiasme yang ditanam orang tau akan memiliki rasa percaya diri dan mandiri.

Caranya juga cukup mudah, misal saat anak sudah harus mengenakan alas kaki sandal. Orang tau bisa menjelaskan dengan rasa antusias tentang sandal tersebut termasuk fungsi dan kegunaannya. Tanpa membandingkan dengan merek ternama.

“Anak pun akan dengan bangga bisa memakai sandal sesuai rekomendasi orang tua, dia akan menunjukan kepada yang lain tentang sandal yang dia pakai kepada kawannya,” ucapnya.

Cara lainnya bisa mengajak anak ekploitasi lingkungan sekitar. Orang tua bisa memberi pemahaman binatang apa saja yang berbahaya di alam atau jenis tumbuh-tumbuhan.

“Anak akan sangat suka kehadiran orang tua saat ekplorasi alam. Disitu akan tumbuh sebuah kebahagiaan yang tercipta, bukan kesenangan, kalau kesenangan itu ibarat sudah kecanduan seperti maen gadget, permen, dan lainnya,” katanya.

Brand Executive Nestle Lactogrow Pramudita Sarastri mengatakan, lewat Workshop ini pihaknya mengajak orangtua di Indonesia, untuk menyadari Grow Happy itu penting.

“Tahun lalu sebenarnya kita melakukan penelitian, seberapa pentingnya grow happy bagi orang tua. Ternyata di Indonesia ini, masih banyak orang tua yang tidak terlibat meskipun hadir bersama anak,” katanya.

Ia menjelaskan, kegiatan yang dilakukan orangtua selama ini kebanyakan hanya berdampingan tapi tidak terlibat. Misal ada di sebelahnya, tapi orangtua tidak mengerti karakter anak, tidak tau bakat anak dll.
Sehingga Nestle Lactogrow mengajak orang tua untuk terlibat aktif memahami tumbuh kembang anak.

“Kami percaya, agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal, orang tua perlu memenuhi kebutuhan gizi dan membantu mengembangkan kematangan emosi anak,” katanya.

Ditambahkan Dokter spesialis anak, Dr dri Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K) kesehatan anak perlu diperhatikan terutama saluran cerna anak. Orang tua harus memastikan makanan yang dikonsumsi anak punya nilai gizi seimbang dan mengandung nutrisi.

“Nutrisi dan gizi pada saluran cerna harus mengandung probiotik lactobacillus reuteri. Secara klinis aman dan bermanfaat bagi tubuh. Pemberian probiotik dapat dilakukan meIalui susu atau makanan yang difermentasi seperti tempe dan yoghurt,” katanya. (El)