Home News Update Nekat Kampanye di Media, Paslon Bakal Dikartu Merah KPU

Nekat Kampanye di Media, Paslon Bakal Dikartu Merah KPU

pilkada wonogiri

Wonogiri, 24/8 (BeritaJateng.net) – Tahapan Pilkada serentak tahun 2015 telah memasuki fase penetapan calon bupati dan wakil bupati. Hari ini, Senin (24/8) KPU Wonogiri menetapkan 2 kandidat pasangan yang akan memperebutkan kursi bupati dan wakil bupati Wonogiri periode 2015 – 2020.

Selanjutnya, terhitung mulai 28 Agustus hingga 6 Desember 2015, Paslon akan memaparkan visi dan misinya kepada masyarakat luas dalam bentuk kampanye.

Usai penetapan calon, Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah Joko Purnomo yang melakukan peninjauan, mengatakan bahwa berdasarkan PKPU No. 7 tahun 2015, Alat Peraga Kampanye (APK) untuk Pilkada serentak 2015 tidak seperti Pilkada sebelumnya.

“Untuk Pilkada serentak 2015 kali ini, semua APK akan diatur dan diadakan sepenuhnya oleh penyelenggara Pemilu dalam hal ini KPU,” terangnya.

Pada Pemilukada serentak yang baru pertama kali ini, lanjut Joko, alat peraga kampanye dan bahan kampanye bahan kampanye dibuat oleh KPU kabupaten/kota yang jumlah maksimalnya sudah ditentukan.

“Untuk baliho paling banyak dipasang lima buah ditingkat kabupaten kemudian umbul-umbul paling banyak 20 di setiap kecamatan. Sedangkan spanduk paling banyak dua buah disetiap desa”, kata mantan Ketua KPU Wonogiri.

Titik-titik pemasangan APK inilah yang harus disepakati oleh KPU bersama pemerintah daerah. Dalam konteks ini, ia mengatakan, KPU kabupaten/kota sudah mulai melakukan koordinasi bersama pemerintah daerah, kepolisian, dan tim pasangan bakal calon, termasuk dengan Panwas.

Ditanya soal sanksi atas pelanggaran pemasangan APK oleh Paslon, dirinya menegaskan tidak ada sanksi yang bersifat menghukum.

“Kalau masih ada gambar,spanduk, baliho yang bukan berasal dari KPU akan dibersihkan. Tapi kalau bandel berkampanye di media, maka akan dibatalkan (pencalonannya),” tegasnya.

Dua pasangan calon yang mendaftar  dinyatakan oleh KPU telah memenuhi syarat sebagai calon bupati dan wakil bupati Wonogiri, yakni Paslon Joko Sutopo Jekek-Edy Santosa (JOS) diusung oleh PDIP, Golkar dan Nasdem. Sementara PKS, Gerinda, Demokrat dan PAN mengusung Hamid Noor Yasin-Wawan Setyo Nugroho. (BJ09)