Home Hiburan Nantikan Pameran Sejarah Perkeretaapian Indonesia ‘Lawang Sewu Expo 2015’

Nantikan Pameran Sejarah Perkeretaapian Indonesia ‘Lawang Sewu Expo 2015’

komunitas lawang sewu

Semarang, 9/9 (BeritaJateng.net) – PT Kereta Api Indonesia (KAI) bakal menggelar “Lawang Sewu Expo 2015” yang memamerkan sejarah perkembangan dan kemajuan layanan perkeretaapian di Indonesia.

“Kami akan undang seluruh anak perusahaan, daerah operasi (daops), dan divisi regional (divre) PT KAI,” kata Manager Museum Manajemen PT KAI Sapto Hartoyo di Semarang, Rabu.

Ia menyebutkan anak-anak perusahaan PT KAI, yakni PT Reska Multi Usaha, PT Railing, PT KAI Commuter Jabodetabek, PT KA Pariwisata, PT KA Logistik, dan PT KA Property Management yang akan memeriahkan pameran.

Menurut dia, pameran perkeretaapian yang digelar 26-30 September 2015 itu akan menyajikan informasi berbagai layanan dari anak-anak perusahaan PT KAI itu sesuai bidang usahanya.

“Pergelaran Lawang Sewu Expo 2015 ini sebenarnya berkaitan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-70 KAI. Ulang tahun KAI sendiri jatuh pada 28 September mendatang,” kata Sapto.

Pelayanan yang diberikan PT KAI kepada masyarakat, kata dia, tidak lepas juga dari peran para mitra kerja sehingga juga diberikan stan khusus dalam pameran bertajuk “Transformasi Untuk Negeri” itu.

Ia mencontohkan PT Industri Kereta Api (Inka) yang akan memamerkan berbagai produk KA yang telah dikeluarkannya sejak pertama sampai sekarang yang digunakan PT KAI melayani masyarakat.

“Ada pula Satuan Kerja Jalur Ganda. Sebelumnya, lintasan KA kan masih ‘single track’, tetapi kemudian sudah mulai diubah menjadi ‘double track’. Nanti, apa yang dicapai akan dipamerkan,” katanya.

Sapto menjelaskan tujuan pergelaran Lawang Sewu Expo itu utamanya untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai apa saja kemajuan yang telah dicapai PT KAI selama 70 tahun ini.

Selain itu, kata dia, kalangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) juga diberikan tempat pada pameran itu yang akan memamerkan berbagai produk kreatif unggulannya kepada masyarakat.

“Ada beberapa kegiatan untuk menyemarakkan Lawang Sewu Expo 2015, antara lain lomba ‘hunting’ foto ‘pre-wedding’, lomba mewarnai. Semuanya bertema dan bernuansa Lawang Sewu,” katanya. (Bj)