Home Ekbis My Indo Airlines Pesawat Kargo Pertama Di Jateng

My Indo Airlines Pesawat Kargo Pertama Di Jateng

43
0
My Indo Airlines Pesawat Kargo Pertama Di Jateng

SEMARANG, 8/8 (BeritaJateng.net) — Penantian panjang pengusaha ekspor dan impor dan industri jasa pengiriman di Semarang Jawa Tengah akan hadirnya pesawat khusus kargo kini terjawab sudah. Pesawat MY Indo Airlines Boeing 737-300 Freighter hadir melayani flight Semarang-Singapura (PP) via Bandara Udara Internasional Soekarno Hatta Cengkareng Jakarta.

Pesawat kargo pertama di Semarang Jawa Tengah ini melakukan penerbangan perdana pada Selasa, 25 Juli 2017. Tentu bukan tanpa alasan, MY Indo Airlines sengaja membidik potensi industri di Jawa Tengah yang kian tumbuh dari tahun ke tahun. Apalagi, saat ini tidak sedikit perusahaan besar berekspansi serta membangun pabrik baru di provinsi dengan penduduk sekitar 35 juta jiwa.

Senior Vice President MY Indo Airlines Winda J Maukar mengatakan MY Indo Airlines merupakan pemain pertama untuk pesawat kargo. Dengan demikian, barang yang tidak bisa diangkut pesawat komersial lain bisa terangkut via pesawat MY Indo.

Dia menerangkan pesawat komersial memiliki keterbatasan pada dimensi ketinggian 80-90 cm. Adapun, pesawat kargo MY Indo Airlines mampu mengangkut barang dengan dimensi ketinggian hingga 2 meter.
Bahkan, kelebihan perusahaan yakni tidak menerapkan surcharge karena tidak ada batasan ukuran dan dimensi.

“Kami bidik Semarang karena selama ini saya melihat belum ada pesawat khusus kargo yang flight langsung dari dan ke Semarang,” jelas Winda.

Menurutnya, MY Indo membidik market pabrikan di Jawa Tengah seperti perusahaan sparepart, hasil kebun, tekstil, mebel dan furnitur yang selama ini memanfaatkan jasa pengiriman trucking.

Perusahaan juga tidak serta merta membuka rute flight Semarang-Singapura via Bandara Soekarno Hatta Cengkareng. Mereka melakukan kajian yang cukup mendalam untuk bisa melayani kebutuhan pengusaha yang membutuhkan jasa kargo airlines.

Menurut Winda, selama ini pelaku usaha mengandalkan trucking dan kapal laut untuk bisa mengirimkan barang domestik maupun internasional.

“Jika pun ada pengiriman barang menggunakan pesawat, jumlahnya dan kapasitasnya tidak besar karena terbatas. Mereka kan masih menggunakan pesawat komersial,” kata Ketua Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres Pos dan Logistik Indonesia (ASPERINDO) Jawa Tengah Tony Winarno.

Ia menjelaskan bahwa pelaku jasa pengiriman sangat mendukung keberadaan MY Indo Airlines yang membuka layanan flight Semarang-Singapura. Menurutnya, selama ini manajemen Garuda Indonesia wilayah Semarang Jawa Tengah masih sibuk dengan passanger flight dan tidak fokus dengan bisnis kargo. Padahal, potensi pesawat kargo untuk pengiriman domestik maupun internasional sangat bagus.

Oleh karena itu, ASPERINDO Jateng memberikan dukungan penuh atas keberadaan MY Indo Airlines yang membantu pelaku jasa pengiriman untuk melakukan pengiriman barang lebih cepat dengan biaya yang cukup kompetitif dengan pesawat komersial lainnya.

“Mereka (seperti Garuda Indonesia) mengganggap bisnis kargo di pesawat hanya sebatas bisnis sampingan. Ketika ada pesawat MY Indo yang melayani penerbangan langsung Semarang-Singapura, mereka baru kelabakan,” paparnya.

Namun demikian, Tony turut memberikan dukungan apabila maskapai penerbangan nasional seperti Garuda Indonesia menyediakan pesawat freighter yang khusus mengangkut barang. “Semua kami dukung dalam rangka memajukan industri dalam negeri, dan khususnya untuk kemajuan Jawa Tengah,” jelasnya.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo berharap komoditas dari Jateng bisa lebih cepat sampai ke tujuan dan bisa menaikkan kualitas dan kuantitas produk ekspor di wilayahnya.  “Tentu, ini akan mendorong ekspor Jateng ke Singapura lebih meningkat. Semoga segera dibuka jalur penerbangan langsung ke negara lain,” jawabnya saat dimintai pendapat perihal keberadaan MY Indo Airlines. (El)