Museum Keris Solo, Diresmikan Presiden Joko Widodo

Museum Keris Solo, Diresmikan Presiden Joko Widodo
            SOLO, 8/8 (BeritaJateng.net) – Museum Keris Solo yang dibangun dengan anggaran lebih dari  Rp. 20 miliar hari ini diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. Prosesi peresmian akan diawali dengan kirab keris dan tosan aji dari berbagai nusantara dimulai dari rumah dinas Walikota Solo di Lodji Gandrung menuju Musium keris sebelum akhirnya diresmikan Presiden Jokowi.
              Secara simbolis Jokowi akan menerima keris dari Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo yang sudah dikirab sebelumnya.
              “Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti,” papar Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo, Selasa (8/8/2017) malam kemarin.
               Museum keris pertama kali di Indonesia ini didirikan di kota Solo Jawa Tengah. Rencananya Musium ini akan menjadi destinasi wisata baru yang akan berfungsi sebagai media pendidikan bagi masyarakat luas.
               Museum Keris ini lanjut Rudi akan menjadi satu-satunya di Indonesia menampilkan beragam aneka keris dari seluruh wilayah Indonesia.
               Koleksi keris yang akan dipamerkan dimusium ini sudah lumayan banyak. Sebagian besar koleksi adalah hibah dari kolektor keris kuno.  Setidaknya ada  171 koleksi yang akan dipamerkan dalam musium yang terdiri dari
               Dalam Museum keris ini ungkap Rudi, akan berisi juga pengetahuan terkait usia keris yang  mulai puluhan tahun hingga berusia ratusan tahun, asal-usul keris dari jaman Pajang hingga Kraton Kartosuro termasuk bagaimana proses pembuatannya semua tertuang di dalam musium keris ini.
             “Semoga ini menjadi sarana edukasi bagi pengunjung tentang keris serta keberagaman tosan aji di Indonesia,” pungkas Rudi. (DB/EL)

Tulis Komentar Pertama

TINGGALKAN TANGGAPAN