Home News Update Murid Al Firdaus Peragakan Rangkaian Ibadah Haji dan Qurban

Murid Al Firdaus Peragakan Rangkaian Ibadah Haji dan Qurban

IMG_9430
Murid-murid TK Al-Firdaus melakukan peragaan haji tawaf mengitari replika ka’bah

Semarang, 26/9 (BeritaJateng.net) – Kali ini ada yang berbeda dengan murid-murid TK AL Firdaus, mengenakan pakaian Ihram untuk melaksanakan ibadah Haji dan Qurban anak-anak belia ini mempelajari ibadah rukun islam di halaman sekolah TK Al Firdaus dan Masjid Jami’ Jatisari Semarang.

Dalam kegiatan tersebut, anak-anak TK Al Firdaus melangsungkan peragaan manasik ibadah haji beramai-ramai dipandu oleh guru mereka. Dengan menggunakan pakaian manasik bertawaf mengelilingi replika ka’bah, lempar jumroh, mengambil ari zamzam, dan sya’I.

Setelah mereka memperagakan manasik bersama-sama, para murid Al Firdaus melanjutkan dengan kegiatan berqurban, mereka langsung menyaksikan penyembelihan hewan qurban.

Kundari Kepala Sekolah TK Al Firdaus menerangkan, bahwa kegiatan tersebut semacam dengan peragaan peringatan Idul Adha dan melaksanakan ibadah Haji.

“Kita juga sekalian menggelar doa bersama kepada korban tragedi haji di Mina kemarin yang menelan korban diantaranya warga Indonesia. Setelah mereka melangsungkan peragaan ibadah haji dan qurban, mereka juga diajarkan bagaimana kisah berhaji dan berqurban yang dipandu oleh ustad Sholeh, yang mana menceritakan tentang dari ibadah haji dan qurban sesuai dengan rukun islam,” ucap Kundari.

Dengan adanya kegiatan ini, lanjut Kundari, Bagaimana mendidik para murid kelak bisa berqurban sendiri masing. “Sebelumnya, Manasik berjalan mulai sekolah hingga masjid Al jami’ dengan menggunakan pakaian ikhram yang telah dipersiapkan seragamnya oleh sekolah,” tuturnya.

Dipandu guru, murid-murid TK Al-Firdaus mengambil air zam-zam dan tata cara haji hingga tuntas.
Dipandu guru, murid-murid TK Al-Firdaus mengambil air zam-zam dan tata cara haji hingga tuntas.

Dalam perjalan tersebut, lanjutnya, ada satu kloter sekitar satu kelas dan dengan dua pendamping guru setiap kloternya. Pihaknya pernah melaksanakan ritual haji di Watugong tahun lalu, dan untuk kali ini, pihaknya melakukan di lingkungan sekitar sekolah saja, agar para murid lebih fokus dan mendalami pembelajaran rukun islam tersebut.

“Kita berharap dengan pelatihan haji ini, mereka lebih tahu tentang rukun islam yang ke lima, untuk berkurban sendiri ini, agar mereka kelak dapat berqurban sendiri dan membagikannya secara merata bagi kaum yang membutuhkan,” katanya.(BJ06)