Home Lintas Jateng Mujib: Ajaran Islam Sejalan Dengan Pancasila

Mujib: Ajaran Islam Sejalan Dengan Pancasila

1238
0
          KENDAL, 1/8 (BeritaJateng.net) — Ajaran Islam sangatlah kompatibel dengan dasar negara Pancasila dan prinsip bernegara. Yakni ajaran Islam sesuai dengan Pancasila dan demokrasi.
         Demikian dikatakan Anggota Komisi XI DPR RI, Mujib Rohmat dalam pertemuan dengan pengasuh dan ratusan santri Pondok Pesantren Daarus Sa’adah, Pedurungan, Kota Semarang. Menurutnya Mujib Antara ketiganya yakni Ajaran Islam, Pancasila dan Demokrasi mempunyai kedudukan dan peranan berbeda. Tapi sisi yang berbeda ini justru saling menguatkan dan memperkukuh sendi-sendi kehidupan nasional bangsa  Indonesia.
          “Dari hubungan yang demikian maka terwujud kehidupan kemasyarakatan dan kebangsaan yang tertib, damai, dan toleran,” kata Mujib yang juga anggota MPR RI itu.
          Mujib melanjutkan bahwa Rasulullah Muhammad SAW melarang umatnya melakukan kekerasan, paksaan, lebih-lebih intoleransi. Pengaruh ajaran Rasulullah tersebut sangat besar. “Kita bisa melihat bagaimana kehidupan masyarakat Indonesia yang berbeda-beda namun tetap hidup rukun dan harmonis,” jelasnya.
          Ukuran penduduk Indonesia yang sangat besar jumlahnya dan sangat beragam, kehidupan rukun dan damai ini merupakan satu hal yang luar biasa. “Bahkan setiap ada Pilkada dan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden sebagai bentuk demokrasi bsia berjalan tertib, damai, dan tanpa konflik berkepanjangan,” kata Politisi Partai Golkar itu.
         Ia menjelaskan bahwa sebagai negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam, wajar apabila ajaran dan nilai-nilai Islam mempengaruhi dan mewarnai kehidupan bangsa dan penyelenggaraan negara. Ini justr membuktikan bahwa kondisi Indonesia yang damai, tenteram, dan harmonis tidak lepas dari pengaruh dan peranan umat Islam.
         “Situasi negeri yang damai sesuai dengan ajaran Islam yang menegaskan bahwa Islam hadir untuk membawa rahmat kepada alam semesta. Jadi tidak hanya untuk umat Islam, tetapi untuk seluruh umat yang ada dibumi. Ya manusia, tumbuhan dan hewan serta alam,” tambahnya.
          Anggota DPR-RI dari Dapil Jateng I ini meneruskan sudah sedianya bangsa ini bersyukur, karena lahir dan hidup di Indonesia. Yakni negara yang besar, luas wilayahnya, beragam agama dan budaya namun dapat hidup aman dan nyaman, rukun dan harmonis. Apabila sesekali timbul masalah dan konflik di masyarakat, hal itu dapat segera dapat diatasi dan diselesaikan.
          Mujib menambahkan para penduhulu pendiri negara menyadari keragaman latar belakang penduduk negeri yang berbeda-besa. Atas dasar kesadaran itu para pendiri negara merumuskan dasar negara dan ideologi negara yang sanggup dan mampu mengakomodir seluruh lapisan dan golongan baik yang beda agama dan kepercayaan. “Demi mewujudian Indonesia ini, maka lahirlah dasar yang disepakati bersama yakni Pancasila,” katanya. (Bud/El)