Home Lintas Jateng Muhmammadiyah Tidak Akan Masuk Dalam Politik Praktis 

Muhmammadiyah Tidak Akan Masuk Dalam Politik Praktis 

175
0
Yunahar Ilyas, Ketua PP Muhammadiyah.
       KARANGANYAR, 6/7 (BeritaJateng.net) – Secara tegas, Muhammadiyah akan tetap konsisten menjadi organisasi masyarakat (ormas) dan memasuki tahun politik tidak akan masuk dalam politik praktis.  Tetap memilih netral dan tidak berafiliasi dengan partai politik manapun.
      Hal tersebut disampaikan salah satu Ketua Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah, Yunahar Ilyas kepada media sebelum acara pengajian akbar Mangayubagyo Keberangkatan Jamaah Calon Haji Kabupaten Karanganyar, Jumat (6/7/2018).
        Menurutnya Muhammadiyah tidak memasuki area politik praktis, low politic namun hight politic, politik nilai. Hal tersebut berlangsung sejak lama. Dan menjelang  pemilihan presiden 2019 mendatang, Muhammadiyah akan mengeluarkan kriteria calon presiden sesuai pandangan dari Muhammadiyah.
        “Muhammadiyah tidak memasuki area politik praktis, low politic namun high politic, politik nilai,” jelas Yunahar Ilyas yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua MUI Pusat, Jumat (6/7/2018).
        Dan seperti tahun-tahun sebelumnya, Muhammadiyah rutin mengeluarkan kriteria yang diperlukan untuk maju sebagai calon presiden yang ideal versi Muhammadiyah. Sebelu memaparkan kriteria apa saja yang diperlukan sebagai modal maju dalam Pilpres, pimpinan daerah Muhammadiyah di seluruh Indonesia akan dikumpulkan terlebih dahulu untuk pemaparan.
         “Kriteria itu selalu diperbarui setiap ada pemilihan presiden baru. Dulu kita sudah umumkan. Secara tegas juga disampaikan bahwa Muhammadiyah atas nama perserikatan tidak masuk ke politik praktis,” ujarnya.
        Bagi Muhammadiyah, hal yang utama adalah bagaimana caranya agar  mendapatkan pemimpin mampu  mengurus masyarakat dengan baik yang sesuai dengan perspektif Islam.
        “Pemimpin yang jujur, beriman, adil, yang kompeten dan mau memperjuangkan kepentingan umat Islam. Siapapun orangnya dari mana partainya kita tidak masalah,” pungkasnya. (db/El)