Home News Update Mudik 2016 Terparah, Macet Puluhan Kilometer, Stok Bensin Kosong

Mudik 2016 Terparah, Macet Puluhan Kilometer, Stok Bensin Kosong

849
0

PEMALANG, 4/7 (BeritaJateng.net) – Tahun ini mungkin merupakan tahun terburuk sepanjang sejarah mudik di Indonesia. Kemacetan parah di sepanjang pantura, ditambah dengan antisipasi persediaan BBM di SPBU-SPBU mulai dari Brebes hingga Pemalang yang kurang baik, menjadi sejarah buruk mudik lebaran Indonesia.

Di Brebes, seorang pemudik bahkan mengunggah foto dirinya dengan memegang kertas bertuliskan “SOS Bensin” ke media sosial pada hari ini (4/7). Hal ini disebabkan karena sejak malam hingga siang hari berikutnya, dirinya kehabisan bensin, dan tidak menemukan SPBU untuk mengisi BBM.

“Saya terjebak di ketanggungan, dari pukul 21.00 malam kemarin sampe sekarang tidak ada bensin sama sekali, jika ada netizen yang tinggal di Brebes yang punya simpanan bensin saya mohon bantuannya. Saya sudah menunggu di Pom Bensin Ketanggungan dibawah Jalan layang sampai sekarang belum ada bensin sama sekali sehingga mobil saya gak bisa jalan,” tulisnya.

Sementara di Pemalang, seorang pemudik menuliskan status di media sosial “Bagi Anda yang sedang atau akan mudik, di sepanjang jalan lingkar luar Pemalang hingga dalam kota, stok Premium, Pertamax maupun Pertalite habis. Disarankan mengisi bahan bakar mobil atau motor anda sebelum memasuki Kabupaten Pemalang. Betapa parah keadaan mudik tahun ini.

Berdasarkan pengamatan Tim Kepanduan yang bertugas di Posko Mudik PKS Pemalang, Ketua Bidang Kepanduan dan Olahraga, Amir Darmanto menjelaskan SPBU Alun-alun Kota Pemalang hanya 2 pompa yang digunakan dari 8 pompa yang ada.

“Jadi dari 8 pompa, yang dipakai cuman 2, karena keterbatasan stok BBM di SPBU,” terang Amir.

Hal tersebut mengakibatkan terjadinya antrian hingga beberapa kilometer, mulai dari jam 6 pagi. Pada pukul 4 sore, seluruh pompa yang ada bisa digunakan, namun untuk motor hanya dijatah 2 liter. Sementara di SPBU Sirandu, Terminal Lama Pemalang, terjadi kondisi yang lebih parah. Stok solar kosong sejak pagi.

Hal ini tentu harus menjadi catatan khusus bagi pemerintah, karena baru kali ini terjadi kemacetan yang demikian parah, ditambah antisipasi stok BBM di sepanjang jalur mudik yang kurang baik. (BJ)