Home Lintas Jateng Mobil Bak Terbuka Jadi Sasaran Operasi Zebra

Mobil Bak Terbuka Jadi Sasaran Operasi Zebra

bak terbuka
ilustrasi
bak terbuka
ilustrasi

Pekalongan, 27/11 (Beritajateng.net)– Mobil angkutan bak terbuka yang digunakan membawa penumpang akan menjadi target Polri pada operasi “Zebra Candi 2014” yang dilaksanakan 26 November hingga 9 Desember 2014.

Kepala Polres Pekalongan, Jawa Tengah, AKBP Indra Krismayadi di Pekalongan, Kamis, mengatakan bahwa operasi “Zebra Candi” dilaksanakan sebagai upaya menciptakan kondisi kondusif menjelang perayaaan Natal 2014 dan Tahun Baru 2015.

Selain mobil kendaraan bak terbuka, kata dia, polres juga akan memprioritaskan penindakan tegas terhadap kendaraan melawan arus lalu lintas, penggunaan sirine bukan peruntukannya, nomor polisi tidak sesuai, dan aksi genk motor.

“Pengemudi kendaraan di bawah umur, angkutan tidak layak pakai, dan kendaraan melebihi muatan akan menjadi sasaran penegakan hukum yang akan dilakukan oleh Polri,” katanya seperti dikutip Antara.

Menurut dia, pada operasi Zebra Candi 2014 ini, polres lebih banyak melakukan penindakan atau represif dengan melibatkan tim gabungan dari polres dan dinas perhubungan,” katanya.

Berdasar data selama operasi Zebra Candi 2013, jumlah kecelakaan lalu lintas sebanyak 508 kasus dengan menimbulkan korban tewas 36 orang, luka berat 55 orang, luka ringan 656 orang, kerugian material Rp536.252.800.

Kepala Seksi Lalu Lintas Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informasi Kabupaten Pekalongan, Ali Akbar menambahkan pemkab akan melakukan penindakan terhadap kendaraan angkutan barang dan angkutan umum.

“Uji kendaraan dan angkutan umum, kondisi fisik kendaraan, seperti ban apakah sudah halus atau pakai vulkanisir dan kelaikan jalan lainnya,” katanya.(ant/pj)