Home Headline Minta PDAM Bangun Wisata Tlogomili

Minta PDAM Bangun Wisata Tlogomili

Bupati Kendal, Mirna Annisa saat mengunjungi Wisata Tlogomili di Desa Tlogopayung, Plantungan untuk penanaman bibit pohon buah.

Kendal, 25/2 (BeritaJateng.net) – Akses menuju Wisata Tlogomili di Desa Tlogopayung sangat memprihatinkan. Bahkan untuk memasuki lokasi wisata hanya ada jalan setapak saja. Hal sangat menyulitkan  wisatawan yang berkunjung tidak dapat leluasa berjalan.

Bupati Kendal, Mirna Annisa menyayangkan kondisi tersebut. Sebab wisata air dan pemandangan alam di Tlogomili sangat indah. Makanya orang nomor satu di Kendal itu  meminta agar PDAM ikut membantu pembangunan wisata Tlogomili.

“Salah satuya jalan masuk menuju lokasi, mohon kepada PDAM untuk ikut membangun. Sehingga wisata ini menjadi menarik dan banyak diminati wisatawan. Sehingga keberadaan wisata Tlogomili sebagai BUMDes Tlogopayung bisa membawa keuntungan bagi  kas desa dan warga,” katanya, Senin (25/2).

Disela acara penanaman 1.033 bibit pohon buah yang dihelat PDAM Tirto Panguripan Kendal, Mirna menegaskan bahwa sudah semestinya PDAM yang memanfaatkan mata air Tlogomili memberikan dana sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) lebih kepada Desa Tlogopayung.

Sebab sudah memanfaatkan sumber mata air yang mengalir jernih. Warga di Desa Tlogopayung juga sudah ikut menjaga dan melestarikan alam. Sehingga sumber mata air Tlogomili tetap terjaga.

Mirna yakin dengan berkembangnya wisata Tlogomili, pihaknya akan membangkitkan perekonomian warga.  “Tinggal sekarang Dinas Pariwisata dan UMKM ikut andil dalam pendampingan warga. Sehingga warga bisa ramah melayani wisatawan dan menghasilkan produk baru yang bisa dipasarkan di lokasi wisata sebagai oleh-oleh,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu Mirna mengapresiasi kegiatan penanaman ribuan pohon berjenis buah-buahan di sumber mata air Tlogomili yang di lakukan oleh PDAM Tirto Panguripan. Penanaman ribuan pohon ini akan dapat melestarikan keberadaan sumber mata air tetap terjaga.

Pejabat Pengganti Sementara (PGS) Direktur PDAM Tirto Panguripan, Agus Tri Suharyono, mengatakan penanampan 1.033 bibit pohon merupakan salah satu rentetan peringatan HUT ke-33 PDAM Tirto Panguripan. “Puncaknya 27 Februari akan digelar pengajian dan pemberian santunan kepada anak yatim,” kata dia.

Dijelaskannya, sumber mata air Tlogomili ini menjangkau tiga kecamatan, yakni Sukorejo, Plantungan dan Patean. Sejak melakukan pengelolaan, hingga kini ada sebanyak 5.582 sambungan rumah. “Debit airnya  500 liter per detik, sangat deras sekali sehingga bisa menjangkau tiga kecamatan,” imbuhnya. (sty/El)