Home Headline Miliki Empat Istri, Udin Dibekuk Miliki Surat Nikah Palsu

Miliki Empat Istri, Udin Dibekuk Miliki Surat Nikah Palsu

Pelaku diamankan polisi berikut barang bukti surat nikah palsu.

Kebumen, 29/9 (BeritaJateng.net) – Kedok Udin (50) warga Jawa Barat yang menikahi Munawaroh, warga Puring, kebumen, akhirnya terbongkar. Udin memiliki surat nikah palsu dengan Munawaroh. Udin ternyata sudah memiliki empat istri, dan Munawaroh merupakan istri ketiga. Dari empat istri, hanya satu yang diakui Udin memiliki surat nikah asli.

Kapolsek Gombong, AKP Cahyadi Abdillah mengatakan, terbongkarnya surat nikah palsu itu ketika warga Kedungpuji, Kecamatan Gombong menolak praktek pengobatan tradisional yang dilakukan Udin di desanya.

Barang Bukti surat nikah palsu.
Barang Bukti surat nikah palsu.

Selain itu, Udin yang mengaku memiliki puluhan padepokan, ditengarai warga mengajarkan hal-hal yang menyimpang dari kaidah Islam.

“Atas laporan warga masyarakat tersebut, kami melakukan mediasi. Warga dipertemukan dengan Udin. Saat mediasi, udin menunjukkan sejumlah surat-surat dan dokumen, salah satunya surat nikah dengan warga Puring,” kata Cahyadi, kamis (29/9).

Cahyadi mengaku curiga atas surat nikah yang dimiliki Udin. Polisi kemudian melakukan pemeriksaan lebih lanjut, dan ternyata Udin mengakui jika pernikahannya dengan Munawaroh hanya nikah siri. Surat nikah diperoleh dari seorang kyai di Indramayu Jawa Barat.

“Udin akan dijerat dengan pasal 263 KUHP ayat 1 dan 2 tentang dokumen palsu dengan hukuman kurungan maksimal enam tahun,” kata Cahyadi. (BJ33)