Home Lintas Jateng MGMP Bahasa Jawa SMP dan Katasapa Luncurkan Antologi Cerkak

MGMP Bahasa Jawa SMP dan Katasapa Luncurkan Antologi Cerkak

78
0
MGMP Bahasa Jawa SMP dan Katasapa Luncurkan Antologi Cerkak
              Purbalingga, 28/7 (BeritaJateng.net)  – Musyawarah Guru Mata Pelajaran Bahasa Jawa SMP Kabupaten Purbalingga bersama Komunitas Teater dan Sastra Perwira (Katasa) Purbalingga akan meluncurkan antologi cerita cekak (Cerkak) berbahasa penginyongan dan buku bahan ajar materi bahasa Jawa. Rencananya kegiatan itu akan digelar di Operation Room Graha Adiguna, Komplek Pendapa Dipokusumo Kabupaten Purbalingga, Sabtu (29/7) pukul 13.00.
            Ketua MGMP Bahasa Jawa SMP Kabupaten Purbalingga, Prasetiyo, Kamis (27/7) mengatakan, antologi Cerkak berjudul “Pedhut neng Gunung Slamet” berisi cerkak-cerkak karya guru bahasa Jawa SMP se-Kabupaten Purbalingga bersama penulis luar yang sebelumnya telah diseleksi dan dikurasi oleh MGMP dan Katasapa.
             “Selain buku antologi cerkak, kami juga akan meluncurkan buku pelajaran untuk siswa SMP berjudul Basaku Penginyongan,” kata guru bahasa Jawa SMP 1 Bukateja ini.
              Menurutnya, kedua buku tersebut merupakan salah satu perwujudan dari rekomendasi Kongres Basa Penginyongan yang dilakukan di Baturraden, Banyumas setahun silam.
               Rencananya, kedua buku itu akan diluncurkan oleh Bupati Purbalingga Tasdi dan akan dibedah oleh penulis sastra, Ryan Rachman yang juga ketua Katasapa. Selain itu akan dibacakan dua cerkak dan geguritan oleh undangan. (yit/el)