MGBK SMP MTs Gelar Pelatihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan

    922
    0
    MGBK SMP MTs Gelar Pelatihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
            KAJEN, 27/9 (BeritaJateng.net) – Puluhan guru dari berbagai sekolah di Kabupaten Pekalongan, mengikuti pelatihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang digelar di SMP 1 Wiradesa.
            Pengurus Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) SMP dan MTs Kabupaten Pekalongan Sartono mengatakan, kegiatan ini diikuti puluhan guru Bimbingan dan Konseling (BK) dengan tujuan agar peserta mampu menyusun penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK).
            “Kegiatan yang diselengarakan MGBK SMP/MTs Kabupaten Pekalongan ini bekerjasama dengan LP3 UNNES, dalam rangka Professor Go to school juga diharapkan para guru BK dapat melakukan inovasi pelayanan melalui PTBK,” kata dia.
           Dikatakannya, pelatihan ini sengaja menghadirkan para guru besar sesuai bidangnya, sehingga para guru dapat menimba ilmu dan bertanya langsung tentang kesulitan yang dihadapi ketika menyusun PTBK.
            “Setelah pelaksanaan ini, diharapkan peserta langsung bisa menindaklanjuti dan menerapkannya dalam kegiatan kerja sehari-hari,” tuturnya.
           Sementara itu salah satu pemateri Prof.  Sugiyo menuturkan, saat ini guru dituntut untuk mengembangkan keprofesionalanya. Salah satunya dengan melakukan penelitian tindakan bimbingan konseling. “Namun masih banyak ditemukan guru kesulitan dalam membuat karya tulis ini, untuk itu dalam acara Profesor Goes to School kali ini peserta diberi pelatihan tentang pembuatan PTBK,” terang dia.
           Menurutnya ada beberapa manfaat ketika guru dapat menyusun PTBK diantaranya akan meningkatkan profesionalan, percaya diri dan mampu mengambil resiko. “Selain itu banyak ilmu dan teori yang digali dari pengalaman mengajar guru serta diharapkan para guru pembimbing dapat menyusun kurikulum secara mandiri.” pungkasnya. (ST/El)

    WordPress database error: [MySQL server has gone away]
    SELECT SQL_CALC_FOUND_ROWS brtjtg_posts.ID FROM brtjtg_posts LEFT JOIN brtjtg_term_relationships ON (brtjtg_posts.ID = brtjtg_term_relationships.object_id) WHERE 1=1 AND brtjtg_posts.ID NOT IN (83375) AND ( brtjtg_term_relationships.term_taxonomy_id IN (10,2408,2991) ) AND brtjtg_posts.post_type = 'post' AND ((brtjtg_posts.post_status = 'publish')) GROUP BY brtjtg_posts.ID ORDER BY brtjtg_posts.post_date DESC LIMIT 0, 6