Home Nasional Meski Tampak Kelelahan, Pemulangan Ratusan Eks Gafatar dalam Kondisi Aman dan Baik

Meski Tampak Kelelahan, Pemulangan Ratusan Eks Gafatar dalam Kondisi Aman dan Baik

Semarang, 25/1 (BeritaJateng.net) – Meski terlihat kelelahan, kondisi ratusan penumpang eks Gafatar yang dipulangkan dari Kalimantan Barat menuju ke Pelabuhan Tanjung Mas Semarang, Selasa (25/1) pagi tadi, secara keseluruhan dalam keadaan aman dan baik.

Hal tersebut ditegaskan oleh Komandan KRI Gilimanuk 531, Mayor Antonius saat diwawancarai sejumlah wartawan ditengah-ditengah evakuasi. Menurutnya, jumlah keseluruhan penumpang yakni 351, sebelumnya dikabarkan 350.

“Jumlah 351 penumpang, 3 diantaranya sudah turun tadi malam untuk mendapatkan perawatan lebih intensif di rumah sakit Kariadi Semarang. Tiga penumpang itu seorang anak berusia 6 tahun beserta kakak dan ibunya,” ujar Mayor Antonius.

Dari jumlah tersebut, rata-rata penumpang berasal dari Yogyakarta, Sleman dan Bantul. Usai dilakukan pemeriksaan di Pelabuhan, selanjutnya penumpang eks Gafatar akan dibawa ke Donohudan, Boyolali, Jawa Tengah.

“Untuk teknis pemberangkatan setelah dari pelabuhan, kami serahkan ke Pemda. Kita hanya membawa dari Pontianak ke Semarang,” tambahnya.

Sementara itu, soal sistem pemberangkatan sisa eks ormas Gafatar yang masih berada di Kalimantan Barat, Kolonel Laut (P) Elka Setyawan, selaku Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Semarang menyatakan pihaknya masih melihat kondisi di lapangan.

“Sudah ada empat KRI yang sudah siap di sana (Pontianak). Karena kondisi lapangan berubah-ubah, jadi kemungkinan sisanya bisa dengan KRI, bisa juga¬† dengan pesawat. Nanti lihat kondisi lapangan lebih lanjut,” tandas Elka. (Bjt02)