Home Kesehatan Meski Puasa, Persediaan Kantong Darah Aman Hingga 10 Hari Kedepan

Meski Puasa, Persediaan Kantong Darah Aman Hingga 10 Hari Kedepan

75
0

SEMARANG, 7/6 (BeritaJateng.net) – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Semarang mengantisipasi berkurangnya stok persediaan darah saat bulan Ramadhan. Terhitung ada persediaan 5070 kantong darah atau cukup untuk 10 hari kedepan.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Unit Donor Darah PMI Kota Semarang, Rini Astuti saat ditemui BeritaJateng.net, Selasa (7/6).

Menurutnya, persediaan kantong darah selama awal bulan Ramadhan tahun ini masih dirasa aman untuk mencukupi kebutuhan masyarakat karena PMI telah menstok pada minggu pertama puasa sudah dikejar sebelum memasuki bulan Ramadan.

“Untuk mengantisipasi penurunan jumlah pendonor saat puasa, stok sebelum Ramadhan memang kita genjot, dengan cara menggelar donor darah dengan menggandeng instansi pemerintahan dan swasta,” katanya.

Persedian kantong darah sendiri, kata dia , telah tersedia untuk semua golongan darah. Sayangnya angka tersebut dirasa hanya cukup untuk 10 hari saja dengan estimasi konsumsi 400 kantong darah perhari. “Kalau untuk 10 hari kedepan cukup aman, tapi kalau tidak ditambah tentu akan menipis karena dalam sehari saja ada sekitar 400 kantong darah yang dibutuhkan,” jelasnya.

PMI sendiri, saat ini terus melakukan penjaringan untuk mencari pendonor selama puasa. Caranya dengan menyediakan mobil donor darah  di Jalan Pahlawan mulai pukul 16.00- 20.00 dan Kawasan Tembalang pada pukul 10.00- 13.00. “Pada hari pertama puasa (Senin kemarin,red) bisa mendapatkan 75 kantong di dua lokasi,” jelasnya.

Dirinya mengungkapkan, jika donor darah saat puasa sebenarnya tidak akan membuat seseorang batal saat melakukan ibadah puasa, ataupun berakibat lemas saat menjalani ibadah puasa, hal ini dikarenakan Darah di tubuh mencapai 5 liter dan donor hanya membutuhkan 350 cc saja. “Kami juga melakukan road show ke tempat ibadah, seperti di  gereja, pura dan vihara untuk memudahkan pendonor untuk menyumbangkan darah,” paparnya. (Bj05)