Home Headline Meski Ganjar-Yasin Menang di Quickcount, PDIP Kaget Dengan Suara Tiga Daerah Ini

Meski Ganjar-Yasin Menang di Quickcount, PDIP Kaget Dengan Suara Tiga Daerah Ini

199
0

SEMARANG, 27/6 (Beritajateng.net) – DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah melaksanakan hitung cepat (quickcount) pelaksanaan Pilgub dengan menggandeng Pandawa Research. Hasilnya pasangan Ganjar Yasin Unggul dengan perolehan suara 59,22 persen dan Sudirman Said – Ida Fauziyah memperoleh suara sebesar 40,78 persen.

Perolehan suara tersebut terpaut sedikit dengan hasil survey yang dilakukan dengan sistem survey harian (daily survey) sejak tanggal 19 sampai 26 juni 2018. Berdasarkan survey harian tersebut suara Ganjar Yasin paling sedikit diprediksi sebesar 61,6 persen. Yang mengejutkan bagi PDI perjuangan adalah ada tiga daerah yang perolehan suara Ganjar Yasin kalah signifikan.

“Selisih hampir dua persen (dari target) bukan angka yang sedikit. Ada wilayah yang kita kebobolan di Kebumen, Brebes, dan Tegal (kota dan kabupaten). Dari tiga daerah ini, pergeseran 1,9 persen suara turun hanya dalam semalam. Ada apa, ini yang akan kita pelajari,” kata Bambang “Pacul” Wuryanto, di Panti Marhaen, Rabu (27/6).

Pada kesempatan tersebut, Pacul mengakui keunggulan strategi rivalnya, Sudirman Said-Ida Fauziyah, yang mampu bermain untuk ‘menggembosi’ kandang banteng.

Pacul juga mengatakan, dari tiga daerah tersebut, untuk Brebes dinilainya wajar jika kalah karena tempat kelahiran Sudirman Said. Kemudian di Tegal bukan kandang banteng.

“Kalau Kebumen ini, kan kandang banteng, ini yang belum kita ketahui,” ujarnya.
Asumsi lain, kata Bambang, ada gerakan politik uang yang cukup masif jelang pemilihan, namun belum diketahui pasti.

Pacul menambahkan, kekalahan di tiga daerah ini menjadi pelajaran berharga bagi PDI Perjuangan, utamanya untuk Pilpres 2019 mendatang.

Maka, lanjutnya, persoalan di tiga daerah ini harus ditemukan persoalannya.

“Mungkin ini adalah teknik menggembosi suara kandang banteng. Mbak Ida dan Mas Dirman kami berterimakasih karena ada pembelajaran baru,” ujarnya.

Eka Kusmayadi dari Pandawa Research menambahkan, Pada hitung cepat yang pihaknya lakukan, Ganjar-Yasin memperoleh suara 59,22 persen, dan Sudirman Said-Ida Fauziyah memperoleh 40,78 persen. Partisipasi pemilih sejumlah 67,45 persen, dengan menggunakan sampel 400 TPS

(NK)