Mercon Ukuran Jumbo Ikut Diamankan Bersama Ratusan Ribu Petasan

Mercon Ukuran Jumbo Ikut Diamankan Bersama Ratusan Ribu Petasan
              Cilacap, 19/6 (BeritaJateng.net) – Sedikitnya 186 ribu petasan dari berbagai jenis dan ukuran, berhasil diamankan petugas jajaran Polres Cilacap dari sejumlah tersangka. Yang mencengangkan, dari sekelompok remaja yang berstatus pelajar SMP di wilayah Kecamatan Binangun, Cilacap Timur, polisi menyita puluhan petasan atau mercon berukuran jumbo. Bahkan ada beberapa diantaranya yang dibuat dengan berat hingga mencapai 20 kilogram dengan isi obat petasannya  yang hampir mencapai 1 kilogram.
            Waka Polres Cilacap Kompol Hari Ardianto mengatakan, oleh sekelompok remaja ini, petasan sengaja dibuat dan beberapa diantaranya sudah dinyalakan. “Kami menangkap mereka saat hendak menyalakan petasan-petasan ini di pinggiran Pantai Widarapayung. Kita bisa membayangkan suara dan daya ledaknya dari petasan segede ini,” kata Hari Ardianto, Senin (19/6).
             Karena tingkat kerawanannya yang mengancam jiwa siapapun, maka polisi yang mengetahui aksi para remaja ini bertindak cepat dengan mengamankan barang bukti. Selanjutnya, para tersangka juga sempat diamankan, diberikan proses hukum dan pembinaan.
             Ratusan ribu petasan lainnya disita dari beberapa orang penjual diseluruh penjuru Kabupaten Cilacap. Kata Waka, operasi petasan ini akan terus ditingkatkan. Sebab, tradisi masyarakat, mendekati lebaran, kian marak suara petasan ditiap penjuru.
               “Makanya kami tingkatkan antisipasinya dan meminta peran serta masyarakat untuk menekan bahaya petasan dengan tidak menyalakannya,” katanya.
              Rencananya, ribuan petasan ini segera dimusnahkan, diantaranya dengan cara direndam. (yit/el)

Tulis Komentar Pertama

TINGGALKAN TANGGAPAN