Home Life Style Menyongsong Tahun Baru DKR Kwaran Banyumanik Gelar Renungan Malam

Menyongsong Tahun Baru DKR Kwaran Banyumanik Gelar Renungan Malam

76
0
Menyongsong Tahun Baru DKR Kwaran Banyumanik Gelar Renungan Malam

Semarang, 1/1 (BeritaJateng.net) – Bila biasanya perayaan tahun baru digelar dengan hingar bingar musik dan kembang api, namun Dewan Kerja Ranting (DKR) Kwaran Banyumanik justru menggelar renungan malam sebagai bentuk instropeksi.

Bertempat di Taman Tabanas, Sabtu (31/12) malam puluhan anggota pramuka yang berada di Kwaran Banyumanik berkumpul mengikuti kegiatan Pengembaraan dan Forum Silahturahmi (Fosil).

Ketua Kwartir Ranting Banyumanik Heny Tri Yuliastuti mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mempererat kekeluargaan DKR Banyumanik sekaligus introspeksi kegiatan dan diri masing-masing anggota pramuka. Sehingga diharapkan DKR Banyumanik dapat dijadikan role model yang patut dicontoh oleh teman-teman di sekolah, kampus maupun di lingkungan masyarakat.

“Dalam renungan ini menjadi  instrospeksi kita, dengan apa yang sudah dilakukan di 2016. Semoga di tahun 2017 bisa menjadi lebih baik lagi, sehingga kegiatan pramuka bisa lebih aktif berperan di masyarakat. Pramuka harus dapat dijadikan contoh, teladan di tengah masyarakat,” ungkapnya.

Terkait masih maraknya kenakalan remaja, Heny menjelaskan adanya kegiatan pramuka diharapkan dapat mencegah kenakalan remaja. Pramuka secara positif membentuk jiwa patriotisme, melatih kedisiplinan, disamping pembentukan karakter yang baik dan budi pekerti.

“Melalui gerakan pramuka inilah tempat menanamkan kedisiplinan, pembentukan karakter yang baik, jiwa patriotisme dan berbudi luhur. Ditambah lagi di era globalisasi, gerakan kepramukaan harus disesuaikan dengan kemajuan teknologi informasi,” katanya. (El)