Home Headline Menu Buka Puasa Sehat Ala Bunda Halimah Dari Tape Singkong

Menu Buka Puasa Sehat Ala Bunda Halimah Dari Tape Singkong

153
0
Bunda Halimah Pakar Herbal Indonesia mencoba berbagi resep menu sehat untuk buka puasa.

Semarang, 5/6 (BeritaJateng.net) – Untuk terus menjaga stamina dan asupan gizi diwaktu puasa, diperlukan makanan dan minuman menyehatkan yang terbuat dari bahan-bahan alami. Bunda Halimah, Pakar Herbal Indonesia mencoba berbagi resep-resep menu berbuka puasa dari bahan alami yang kaya rempah.

Kali ini, Bunda Halimah, akan berbagi menu sehat minuman pembuka buka puasa dari bahan Tape Singkong.

Tape merupakan makanan fermentasi yang dibuat dari makanan yang mengandung karbohidrat seperti singkong dan ketan. Nama tape didasarkan pada jenis bahan baku utama seperti tape singkong dan tape ketan. Tape banyak disukai oleh semua orang karena rasanya yang lembut, lezat, manis dan juga ada rasa khas yang tidak ditemukan dari makanan lain.

Ditemui dikediamannya, Bunda Halimah menjelaskan bahwa Tape memiliki beragam manfaat seperti penghangatkan badan dan meningkatkan energi, meningkatkan manfaat seksual. Tape juga dapat digunakan sebagai obat jerawat, sumber probiotik, mencegah anemia dan meningkatkan fungsi pencernaan serta mengatasi penyakit darah tinggi.

Tak hanya itu, lanjutnya, tape singkong juga memiliki khasiat sebagai salah satu alternatif membantu menguruskan badan atau membantu untuk proagram diet.

Menu Buka Puasa Sehat Ala Bunda Halimah Dari Tape Singkong
Menu Buka Puasa Sehat Ala Bunda Halimah Dari Tape Singkong

Berikut resep menu sehat berbuka puasa ala Bunda Halimah dari bahan Tape Singkong.

Bahan-bahan:
– 1 Liter Air
– 1 Lanjar Tape singkong (Tape singkong utuh dipotong jadi dua bagian)
– Gula batu
– Akar melati
– Akar Kenanga

Proses memasak

“Proses pembuatan ‘Wedang Tape Rempah’ sangatlah mudah. Pertama-tama tuangkan 1 liter air dalam kuali tanah liat. Kemudian masukkan semua rempah (akar kenanga, akar melati dan gula batu) dimasukkan dalam kuali tanah liat. Setelah hampir mendidih, tape singkong baru dimasukkan dalam kuali,” ujar Bunda Halimah.

Bunda mengaku, penggunaan kuali tanah liat dalam segala resep rempah sangat dianjurkan. Ia percaya filosofi tanah yakni manusia berasal dari tanah dan akan kembali ke tanah sangat ia junjung. Terlebih, menurutnya, kuali tanah dipercaya membuat masakan lebih sedap.

“Menu buka puasa menyehatkan ‘Wedang Tape Rempah’, insyallah dapat juga mengobati berbagai penyakit, utamanya berkhasiat menyembuhkan penyakit ambaien, kanker anus yang sudah pendarahan, asam lambung dan maag serta baik untuk mengatasi darah tinggi,” imbuh Bunda Halimah. (El)