Home Nasional Menteri PU Tinjau Proyek Yang Diajukan Pemkot Solo

Menteri PU Tinjau Proyek Yang Diajukan Pemkot Solo

Menteri Pekerjaan Umum (PU) dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono tinjau sejumlah lokasi proyek Pemkot Solo, Jumat (1/5).
Menteri Pekerjaan Umum (PU) dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono tinjau sejumlah lokasi proyek Pemkot Solo, Jumat (1/5).
Menteri Pekerjaan Umum (PU) dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono tinjau sejumlah lokasi proyek Pemkot Solo, Jumat (1/5).

Solo, 1/5 (BeritaJateng.net) – Kunjungan Menteri Pekerjaan Umum (PU) dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono ke Solo untuk meninjau sejumlah lokasi proyek yang akan di bangun dan dibiayai oleh APBN diantaranya meninjau lokasi embung di Kalianyar depan Terminal Tirtonadi, Waduk Gilingan, dan Underpass Makamhaji.

Basuki Hadimuljono, juga mengunjungi jalan disekitar arah rumah kediaman pribadi Jokowi yang rusak akibat diterjang banjir beberapa waktu lalu juga meninjau perkampungan warga yang ada disekitar bantaran Sungai Bengawan Solo.

Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, yang mendampingi Basuki Hadimuljono menyebutkan jika kunjungan Menteri PU terkait dengan pengajuan sejumlah  proyek oleh Pemerintah Kota (pemkot) Solo.

“Sejumlah proyek sudah disetujui, diantaranya normalisasi sejumlah sungai, perbaikan jalan di sekitar kediaman Jokowi dan viaduk,” jelas Rudi, Jumat (1/5) di Solo Jawa Tengah.

Selain itu, ungkap Rudi, sejumlah proyek yang juga sudah diajukan oleh Pemkot Solo yakni pembangunan embung (bendungan) di depan Terminal Tirtonadi dan jalan lingkar diatas bantaran Sungai Bengawan Solo masih dalam tahap pembicaraan. Dan saat ini Menteri PU sedang  meninjau sejumlah proyek yang sudah diusulkan oleh Pekot Solo.

Sementara itu, Menteri PU, Basuki Hadimuljono usai meninjau secara langsung kondisi lokasi yang akan dibangun sejumlah proyek yang diusulkan Pemkot mengakui jika akan  mempertimbangkan proyek yang sudah diajukan Pemkot.

“Saat ini kali Pepe sedang dilakukan normalisasi. Ini akan saya lihat dulu, kalau tidak berat akan kami selesaikan 2016,” terangnya.

Sedangkan tentang proyek jalur lingkar diatas Sungai Bengawan Solo, pihaknya juga akan megkaji lebih terutama jika melihat  kemacetan di Solo terutama di jalur tengah kota harus diatasi dengan membuat jalur outher ring roud utara dan selatan.

Setidaknya dua tahun lagi jalan tol Solo-Semarang dan Solo-Kertosono akan selesai, meskipun demikian jalan arteri di utara dan selatan tetap harus dibangun.

“Kalau dari Solo timur ke selatan, yang melewati Bengawan Solo, baru kita lihat dan akan kita kaji terlebih dulu,” pungkasnya.” (BJ24)

Advertisements