Home Ekbis Mentan Dukung Bojonegoro Tingkatkan Produksi Pangan

Mentan Dukung Bojonegoro Tingkatkan Produksi Pangan

mentan
Mentan Amran Sulaiman.foto/ist

Bojonegoro, 30/1 (Beritajateng.net) – Menteri Pertanian Amran Sulaiman mendukung usaha Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, dalam meningkatkan produksi tanaman pangan dengan berbagai cara, mulai pembuatan 1.000 embung, juga menjaga ketersediaan pupuk, dan usaha lainnya.

“Kami mendukung usaha yang dilakukan Bojonegoro, sebab programnya jelas dalam usaha meningkatkan produksi tanaman pangan,” katanya di Bojonegoro, Jumat.

Bahkan, lanjut dia, kalau program yang dilakukan daerah setempat bisa dikembangkan ke daerah lain, akan membawa dampak positif dalam bidang tanaman pangan.

“Saya yakin Indonesia akan disegani negara lain di bidang tanaman pangan, kalau semua daerah melakukan langkah seperti yang dilakukan Bojonegoro,” katanya.

Oleh karena itu, ia menjanjikan akan mengawal berbagai program pembangunan penunjang pertanian di daerah setempat, seperti pembangunan Waduk Gonseng, juga perbaikan bangunan pelimpah Waduk Pacal yang rusak.

Ia juga menyebutkan pihaknya akan membantu perbaikan jaringan irigasi pertanian seluas 4.500 hektare di daerah setempat, selain memberikan bantuan 460 traktor.

Bupati Bojonegoro Suyoto menjelaskan daerahnya memiliki potensi mampu meningkatkan produksi tanaman padi menjadi 1,5 juta ton GKG/tahun, yang saat ini hanya 856 ribu ton GKG/tahun.

“Tahun lalu produksi tanaman padi di Bojonegoro mencapai 856 ribu ton GKG, tapi masih bisa ditingkatkan menjadi 1,5 juta ton,” katanya.

Usaha yang dilakukan, katanya, berusaha meningkatkan indeks pertanian (IP) yang saat ini 1,8 menjadi 2,2.

“Untuk menunjang peningkatan IP dibutuhkan ketersediaan air yang cukup untuk sawah baku seluas 76 ribu hektare, dan kawasan hutan sekitar 8.000 hektare, selain kebutuhan sarana produksi,” paparnya.

Ia juga memberikan gambaran peningkatan produksi tanaman padi itu, juga akan ditunjang dengan terealisasinya pembangunan Waduk Gonseng, di Kecamatan Temayang, juga Bendung Karangnongko, di Bengawan Solo.

Selain itu, lanjut dia, pemkab akan merealisasikan pembangunan 1.000 embung untuk tampungan air. “Saat ini sudah ada 318 embung yang sudah terbangun,” tandasnya.

Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Eko Wiratmoko didampingi Amran Sulaiman menyaksikan penandatanganan kerja sama peningkatan produksi padi, antara pemkab yang diwakili Kepala Dinas Pertanian Akhmad Djupari dengan Komandan Kodim 0813 Letkol ARH Sjahrir Riyadi.(ant/bj02)