Home Nasional Menteri KKP Susi Resmikan 4 Kapal Baru Untuk Memperkuat Penjagaan Di Laut

Menteri KKP Susi Resmikan 4 Kapal Baru Untuk Memperkuat Penjagaan Di Laut

608
Empat unit kapal ORCA 01, ORCA 02, ORCA 03, dan ORCA 04 di resmikan menteri Susi.

Jakarta, 8/4/16 (BeritaJateng.net) — Kementerian Kelautan dan Perikanan meresmikan empat kapal pengawas baru untuk memperkuat infrastruktur pemantauan dalam memberantas penangkapan ikan ilegal di wilayah pengelolaan perikanan Indonesia. Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti meninjau langsung peresmian empat unit kapal pengawas dengan Sistem Kapal Inspeksi Perikanan Indonesia (SKIPI).

“Penambahan kapal pengawas ini diharapkan dapat makin menekan kerugian negara akibat pemanfaatan sumber daya kelautan dan perikanan secara ilegal, terutama yang dilakukan oleh kapal-kapal asing,” ujar Susi di Dermaga Komando Lintas Laut Militer Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (8/4).

Keempat unit kapal yang diresmikan Susi –ORCA 01, ORCA 02, ORCA 03, dan ORCA 04– dipesan oleh KKP sejak tahun 2012 dan diproduksi oleh galangan dalam negeri, PT Daya Radar Utama.

Susi menyatakan peningkatan pengawasan terhadap tindakan pencurian ikan, selain dapat meningkatkan kesejahteraan para nelayan Indonesia, sekaligus menegakkan kedaulatan negara, khususnya dalam pengelolaan sumber daya perikanan. perairan Natuna di Kepulauan Riau saat ini mendapat perhatian lebih dari pihaknya karena sedang memasuki masa panen ikan.

“Di Natuna itu masih ada kapal pencuri ikan karena sedang musim, dengan penambahan kapal pengawas baru, akan sangat membantu dalam menjaga wilayah perairan kita” kata Susi

Kapal Pengawas Perikanan berjenis SKIPI ini mampu melaju dengan kecepatan maksimum 25 knot, dan akan dioperasikan di wilayah barat dan timur perairan Indonesia.

Peresmian keempat kapal tersebut menambah jumlah kekuatan armada Kapal Pengawas Perikanan yang dimiliki oleh KKP menjadi sekitar 35 unit kapal.(Bj50)