Home Nasional Menteri Desa Marwan Jafar Pembicara Seminar Nasional FWPJT

Menteri Desa Marwan Jafar Pembicara Seminar Nasional FWPJT

Menteri Desa

Semarang, 27/10 (BeritaJateng.net) – Menteri PDT Tranmigrasi dan Desa Marwan Jafar hadir dan menjadi pembicara / narasumber seminar nasional bertajuk “Penyaluran dan Penggunaan Dana Desa”, pada Selasa (27/10) besok.

Marwan hadir dalam seminar nasional yang digelar Forum Wartawan Pemprov dan DPRD Jawa Tengah (FWPJT) bekerjasama dengan Bank Jateng.

Acara yang digelar di aula lantai VII Bank Jateng Jl Pemuda akan dihadiri peserta dari beragam kalangan. Selain Marwan Ja’far, pembicara lainnya Guru Besar FE Undip Prof FX Soegiyanto, pengurus Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Jateng Sarjoko, dan Bupati Pemalang Junaedi. Seminar dipandu Agus Toto Widyatmoko(Wapemred Suara Merdeka).

Ketua FWPJT Teguh HP mengatakan, seminar digelar untuk memahami bagaimana penyaluran dan penggunaan dana desa yang benar.

Hal itu terkait adanya temuan penyelewengan dana desa yang dilansir Pelaksana tugas (Plt) Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Johan Budi SP baru-baru ini.

Menurut Johan, temuan penyelewengan dana desa terjadi mulai dari aspek implementasi Undang-undang dan regulasi bahkan sampai pada sesuatu yang paling substansial, yakni penyalahgunaan pembangunan infrastruktur yang seharusnya untuk kepentingan infrastruktur daerah justru dibuat membangun balai desa.
KPK sebelumnya telah melakukan kajian sistem terhadap pengelolaan keuangan desa, baik Alokasi Dana Desa (ADD) maupun Dana Desa.

Kajian ini dilatari oleh diberlakukannya UU No. 6 tahun 2014 tentang Desa yang berimplikasi pada disetujuinya anggaran sejumlah Rp 20,7 triliun dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) 2015 yang akan disalurkan ke 74.093 desa di seluruh Indonesia.

Per April 2015, pemerintah telah menyalurkan dana desa tahap pertama pada 63 kabupaten senilai lebih dari Rp 898 miliar. (BJ)