Home News Update Menteri Agama Resmikan IAIN menjadi UIN Walisongo

Menteri Agama Resmikan IAIN menjadi UIN Walisongo

Persemian UIN

Semarang, 6/4 (BeritaJateng.net) –
Dies natalies ke-45 tahun 2015 menjadi hal yang bersejarah. Pasalnya, dalam peringatan tersebut diresmikan juga dari IAIN menjadi UIN Walisongo Semarang oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin.

Hadir dalam peresmian tersebut Gubernur Jateng Ganjar Pranowo,
Pangdam IV/Diponegoro, Kapolda Jateng dan Ketua umum PPP dan rektor-rektor universitas di Semarang.

“Ini patut disyukuri bagaimana dulu para pendiri bangsa para pendiri IAIN, telah begitu rupa penuh kearifan, penuh jiwa besar, melahirkan IAIN yang sekarang menjadi UIN, maka menjadi kewajiban kita semua. Dengan akademika secara keseluruhan untuk menjaga dan memelihara ini, jadi wujud rasa syukur harus bisa kita wujudkan dengan tetap menjaga dan memelihara yang sudah ada dan sudah baik,” ungkapnya.

Diusiannya yang ke-45 tahun, sambil meningkatkan dan mengembangkan keberadaan UIN Walisongo ini, menjadi lebih memberikan manfaat sebanyak-banyaknya tidak hanya bagi masyarakat Indonesia tetapi bagi warga dunia.

Dengan adanya ilmu Al Falagh di UIN Walisongo merupakan ilmu khasanah Islam yang tidak dapat dipisahkan dimasa-masa yang akan datang. Meskipun di era globalisasi, ilmu Falagh justru makin memiliki urgensi, dan makin memiliki relefansinya.

Apalagi umat Islam dalam menjalankan peribadahaanya tidak bisa dipisahkan dari ilmu falagh, ketika harus menentukan kapan Romadhan, hari syawal dan hari-hari seterusnya.

“Saya kira ini sesuatu yang harus kita jaga dan kita harus kembangkan,” tambahnya. (BJ06)

Advertisements