Home Headline Mensos Segera Validasi Data Warga Miskin dengan NIK

Mensos Segera Validasi Data Warga Miskin dengan NIK

496
Menteri Sosial RI, Juliari Pieter Batubara memberikan bantuan PKH kepada warga kurang mampu di Kota Semarang.

Semarang, 21/11 (BeritaJateng.net) – Kementerian Sosial (Kemensos) segera melakukan validasi dan verifikasi data warga miskin di Indonesia dengan menyelaraskan data Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Hal ini disampaikan Menteri Sosial RI, Juliari Pieter Batubara usai melakukan Silaturahmi dengan Jajaran Pemerintah Kota Semarang dan Pemberian Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) Warga Kurang Mampu di Rumah Dinas Wali Kota Semarang, Kamis (21/11).

Menurut Juliari, validasi data dimaksudkan agar penerima bantuan PKH dan bantuan Pangan Non Tunai, RTLH dan program pengentasan kemiskinan pemerintah bisa tersalurkan dengan baik kepada warga kurang mampu.

“Anggaran besar, harus tepat sasaran. Pak presiden meminta bahwa narasi yang dibangun adalah Indonesia maju, membangun SDM yang unggul sebagai kata kuncinya,” kata Juliari.

Karena itu, ia mendorong setiap kepala daerah beserta jajarannya dan para Forkopimda bersama membangun dan meningkatkan kualitas SDM dalam rangka menurunkan angka kemiskinan.

“Setiap kepala daerah, Forkopinda saat dipilih yang pertama ditangani adalah kemiskinan. Kalau infrastruktur itu pasti dapat semua, pasti kebagian, karena itu hanya politik anggaran saja,” ujarnya.

Ia juga meminta para kepala daerah, kepala dinas, hingga camat dan lurah untuk turun ke bawah melakukan cek dan ricek apakah setiap program bantuan benar-benar tepat sasaran.

“Program bagus, eksekusi harus bagus.
Pemerintah harus turut cek and ricek, turun ke bawah mengecek apakah tepat sasaran atau tidak. Dengan sinkronisasi data Nomor Induk Kependudukan, Kemensos mau cek warga miskin tinggal tekan nomor NIK sudah terlihat, jumlah dan orangnya pasti, dan tentu bisa tahu tepat sasaran tidaknya,” kata Juliari. (El)