Home Nasional Mensos Khofifah Ikuti Kirab Pura Mangkunegaran

Mensos Khofifah Ikuti Kirab Pura Mangkunegaran

Menteri Sosial Khofifah mengikuti Kirab Satu Suro
Menteri Sosial Khofifah mengikuti Kirab Satu Suro
Menteri Sosial Khofifah mengikuti Kirab malam Satu Suro

SOLO, 14/10 (BeritaJateng.net) – Kirab malam Satu Suro yang di gelar Pura Mangkunegaran diikuti sekitar 200 abdi dalem  dengan mengenakan  busana kejawen lengkap berjalan kaki mengelilingi Pura Mangkunegaran sejauh kurang lebih tiga kilometer bersama dengan beberapa pusaka yang juga ikut di kirab dalam perayaan Malam 1 Suro, Selasa (13/10/2015) malam.  

Sekretaris Panitia Kirab Joko Pramodyo
menjelaskan kirab yang digelar di Pura Mangkunegaran terdiri dari  cucuk lampah, pangapit pusaka, pembawa pusaka, serta pengiring pusaka yang akan mengelilingi Pura Mangkunegaran.  

“Pusaka yang akan di kirab berjumbah enam pusaka berupa tombak dan satu joli berisi keris dan rompi anti peluru peninggalan Pangeran Sambernyawa (Mangkunegara I),” ungkapnya di Pura Mangkunegaran Selasa (13/10/2015).   

Usai kirab, peserta kembali ke dalam  Ndalem Ageng untuk melakukan (Pasemeden [doa bersama] mulai pukul 24.00 WIB. Hadir juga dalam acara kirab, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Anggota DPR-RI Aryo Bimo, juga calon Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo. 

Sementara itu Menteri Sosial Khofifah 
Indar Parawangsa yang di temui usai mengikuti kirab mengaku baru pertama kali ini mengikuti acara kirab dan dirinya merasa  senang karena acara itu mengandung banyak pembelajaran. 

“Ini proses pembelajaran kita sebagai sebuah bangsa yang harus memahami dinamika kehidupan masyarakat,” ungkapnya.  

Ketika di tanya apakah besok (khofifah) juga mengikuti kirab yang di gelar Kraton Solo, dengan lugas mengatakan tidak. Sebab dirinya besuk sudah memiliki agenda lain.  

“Wah besok saya ada acara,” jelasnya singkat. 

Sebelum memasuki komplek Mangkunegaran usai melakukan kirab rombongan Sri Paduka Mangkunegoro IX menyebar undik-undik berupa uang koin sebagai simbol rejeki yang ada di istana juga dinikmati oleh masyarakat luas. Bukan hanya di nikamati oleh kerabat, abdi dalem dan sentono dalem saja. 

Rute kirab Pura Mangkunegaran dengan mengelilingi kompleks istana Pura Mengkunegaran sejauh kurang lebih tiga kilometer dengan start awal di  Ndalem Ageng-Paringgita-Pendapa Ageng-Gerbang Utama-Jl. Ronggowarsito- Jl. Kartini- Jl. R.M. Said-Jl. Teuku Umar-Jl. Ronggowarsito-kembali ke istana. (BJ24)