Home Headline Menpora Datangi Santosa Stable, Tinjau Sarana Latihan di Kendal

Menpora Datangi Santosa Stable, Tinjau Sarana Latihan di Kendal

28
Menpora Kunjungi Santosa Stable Kendal.

KENDAL, 25/10 (BeritaJateng.net) – Di tengah pandemi Covid-19, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali melaksanakan kunjungan kerja untuk meninjau sarana olahraga potensial di Kabupaten Kendal, Senin (25/10/2021).

Tempat pertama yang dikunjungi Menpora Amali adalah Santosa Stable, yang berada di Dusun Londoh Desa Leban Kecamatan Boja.

Wisata Santosa Stable adalah tempat untuk latihan menunggang kuda. Disini para atlet dari Persatuan Olahraga Berkuda Indonesia (Pordasi) bertaraf nasional dan internasional berlatih.

Santosa Stable merupakan sekolah berkuda yang berkembang menjadi sekolah wisata dan menjadi objek wisata, didirikan pada Januari 2015, yang terletak 450 meter diatas permukaan laut dengan luas 3 hektare.

Selain itu, di Santosa Stable juga tersedia kelas berkuda untuk umum yang dipandu oleh instruktur profesional sertifikat Internasional.

Menpora Amali yang didampingi Bupati Kendal, Dico M Ganinduto dan Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki serta Anggota Komisi X, Mujib Rohmat setelah transit di Pendopo Santosa Stable, kemudian menyaksikan atraksi berkuda dan mengelilingi objek wisata Santosa Stable.

Di sela-sela meninjau area Santosa Stable, Menpora mengucapkan terima kasih kepada para stakeholder olahraga di Kabupaten Kendal yang terus bersemangat untuk memajukan olahraga di Indonesia.

“Saya senang datang ke sini untuk ikut memberikan motivasi kepada para atlet Pordasi Kendal. Saya ingin di tengah pandemi Covid-19 ini, para atlet tetap memiliki semangat berolahraga dengan terus menjalankan protokol kesehatan yang baik,” kata Menpora.

Dirinya juga mengungkapkan, kunjungannya dalam meninjau kesiapan Kabupaten Kendal untuk pengembangan sport tourism.

“Di Indonesia saat masih kurang lokasi sport tourism. Tadi pak Bupati Kendal mengungkapkan inisiatifnya untuk membuat beberapa lokasi sport tourism di Kendal dan kami sebagai Pemerintah Pusat tentu mendukung hal tersebut, agar sport tourism di Kendal bisa dikenal bukan hanya di tingkat nasional tapi juga internasional,” terang Menpora.

Sementara itu, Pemilik Santosa Stable, Anna Santosa, mengucapkan terima kasih atas perhatian Pemerintah dalam hal ini Kemenpora dan juga Pemerintah Kabupaten Kendal kepada Santosa Stable.

Dirinya mengatakan, saat ini ada 15 atlet Persatuab Olahraga Berkuda Indonesia (Pordasi) yang berlatih di Santosa Stable dan juga di Jakarra

Menurutnya, disaat pandemi seperti sekarang ini, dimana pembelajaran sekolah melalui online, maka para atlet berkuda bisa berlatih setiap hari.

“Jadi dengan pendidikan yang berbasis online kegiatan latihan anak-anak tidak mengganggu pelajaran. Jadi mereka harus bisa membagi waktunya dengan porsi yang tepat,” ujarnya.

Sedangkan untuk atlet yang berlatih di Jakarta, lanjut Anna juga bisa membagi waktu antara pendidikan dan prestasi.

“Jadi mereka juga harus bisa membagi waktu, karena di olahraga berkuda ini harus fokus dan tanggung jawabnya harus diasah terus. Dengan berlatih berkuda, bisa menumbuhkan kepercayaan anak dan yakin apa tujuan hidup mereka,” jelasnya.

Sedangkan untuk atlet berkuda yang mengikuti kualifikasi Asian Games Ivana, menurut Ana saat ini sedang fokus berlatih di Pulomas Jakarta.

“Untuk Ivana masih ikut kualifikasj untuk bulan Desember. Ivana mengikuti asian games U-21. Untuk tingkat nasional, di bulan Desember, 15 atlet Pordasi Kendal juga akan bertanding di tingkat Kejurnas” imbuh Anna.

Pada kesempatan tersebut, istri Bupati Kendal yang juga seorang Aktris, Chacha Frederica menjajal kemampuannya dalam berkuda. Ia yang sudah terbiasa dengan olahraga berkuda, dengan lincah ia berkuda tanpa didampingi pelatih.

Selain itu, juga para atlet anak-anak juga menunjukkan kebolehannya dalam teknik berkuda dressage (tunggang serasi) dan show jumping (lompat rintang) di depan Menpora, Bupati dan Wakil Bupati Kendal. (Ak/El)

Advertisements