Home News Update Menpora Berikan Dana 100 Milyar Bantu Rio Haryanto Terjun Ke F1

Menpora Berikan Dana 100 Milyar Bantu Rio Haryanto Terjun Ke F1

182
0

 

Jakarta,23/1/16(BeritaJateng.Net)—Kementerian Pemuda dan Olahraga memberikan dana Rp100 miliar untuk membantu Rio Haryanto terjun di Formula 1 musim 2016.

Kepala Komunikasi Publik Kemenpora Gatot S. Dewa Broto mengatakan keluarnya dana dari kantong Kemenpora adalah opsi terakhir yang harus diambil. Hal ini karena tenggat waktu yang diberikan Manor semakin dekat sementara penggalangan dana lewat kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pun belum membuahkan hasil.

“Memang agak susah ya. Fund Rising pun belum berhasil. Tapi mempertimbangkan potensi Rio dan juga setelah berhitung dana yang tersedia, maka Menpora mengambil keputusan ini,” kata Gatot di Jakarta.

Skema pendanaan yang digunakan Kemenpora adalah melalui Komite Olahraga Nasional Indonesia. Kemenpora memberikan dana kepada KONI yang kemudian mengikat perjanjian soal penyaluran bantuan dengan PT Kiky Sport.

Sekretaris Jenderal KONI E.F Hamidy dan Indah Pennywati selaku Marketing Manaher PT Kiky Sport telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) yang mewajibkan PT Kiky Sport melaporkan pertanggungjawaban dana selambatnya 14 hari setelah dana ditransfer ke Tim Manor.

Bantuan dana dari Kemenpora ini disambut gembira oleh Indah, ibu dari Rio Haryanto. Namun adanya MoU tak membuat Indah bernapas lega begitu saja. Menurutnya, ia tetap menunggu hingga MoU terealisasi dan kemudian harus tetap bernegosiasi dengan Manor.

“Alhamdulillah atas bantuan ini ,Terima kasih kepada bapak menpora dan juga pihak-pihak lainnya yang membantu perjuangan Rio.Kemarin kami sudah diberi peringatan oleh Manor. Karena itu kami terus bernegosiasi, soal tenggat waktunya juga,” kata indah.

Rio membutuhkan 15 juta euro (setara Rp227,4 miliar) untuk bisa memastikan satu kursi di Tim Manor. Hingga saat ini, pria berusia 22 tahun ini baru mendapatkan 5,2 juta euro atau sekitar Rp78 miliar dari Pertamina.

Dengan tambahan Rp100 miliar, maka Rio masih memiliki kekurangan dana Rp49 miliar. Kekurangan itu menjadi tanggung jawab dari PT Kiky Sport selaku kuasa yang ditunjuk untuk mensponsori Rio.(Bj50)