Home Ekbis Menkeu RI : Indonesia Eximbank Dukung Ekonomi Kerakyatan

Menkeu RI : Indonesia Eximbank Dukung Ekonomi Kerakyatan

Wonogiri, 12/11 (BeritaJateng.net) – Menteri Keuangan RI Bambang Brodjonegoro melakukan kunjungan kerja di PT. Nagabhuana Aneka Piranti Wonogiri untuk melihat secara langsung kerjasama pemberdayaan ekonomi kerakyatan antara PT. Nagabhuana Aneka Piranti, perusahaan yang memproduksi furniture, barecore dan plywood dengan Lembaga Pembiayaan Ekspor Impor Eximbank.

Dalam kesempatan tersebut, Dirut PT. Nagabhuana Aneka Piranti Gunawan, membagikan 135 ribu bibit sengon sebagai bahan baku perusahaan, kepada segenap Gapoktan di sekeliling perusahaan. Tak hanya itu, PT. Nagabhuana Aneka Piranti juga memberikan bantuan pestisida kepada petani untuk mengoptimalkan hasil tanam sengon.

Di sela-sela tinjauan pembibitan sengon, kepada Menkeu RI, Gunawan menyebutkan, bahwa pola kemitraan ekonomi kerakyatan ini akan kami bangun dan tingkatkan terus demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat khususnya di Wonogiri.

“Kami sangat disupport oleh Eximbank bahkan sampai dengan mesin, jadi kami juga akan memberikan harga yang layak bagi petani penyedia bahan baku,” tuturnya.

Tahun depan, lanjut Gunawan, kami akan memberi bantuan 1 juta pohon sengon kepada Gapoktan untuk lebih meningkatkan produksi.

“Jika bahan baku banyak maka produksi meningkat dan otomatis masyarakat akan menikmati hasil tanamannya. Ini yang namanya ekomomi kerakyatan,” jelasnya.

Menkeu Bambang berharap pihak perusahaan memberikan pendampingan kepada Gapoktan agar bisa menanam sengon dengan baik sehingga hasilnya memuaskan. “Harga belinya supaya disesuaikan dengan pasaran, jadi petani juga benar-benar menikmati keuntungan,” harapnya kepada perusahaan.

PT. Nagabhuana Aneka Piranti terletak di Desa Manjung Wonogiri, memperkerjakan 1.600 karyawan, dengan luas pabrik 6 Ha dan 2.100 petani sengon terdiri dari 3 Gapoktan. Sedangkan produksi sekitar 300 kontainer per bulan yang di ekspor ke Jepang dan Taiwan. (BJ09)