Home Nasional Menkes Akreditasi JCI RSUP dr. Kariadi Semarang

Menkes Akreditasi JCI RSUP dr. Kariadi Semarang

IMG_9206

Semarang, 6/6 (BeritaJateng.net) – Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Kariadi Semarang mendapatkan sertifikat akreditasi (JCI) Joint Commission International pada acara Seminar Nasional Mutu dan Keselamatan di Gedung Diklat RSUP dr. Kariadi Semarang.

Penyerahan sertifikasi JCI dilaksanakan oleh menteri kesehatan Prof. Dr. dr. Nila Farid Moeloek, Sp. M (K). Pada Seminar Nasional Mutu dan Keselamatan Pasien tersebut diikuti sekitar 300 peserta dari seluruh Indonesia, yang membahas tentang mutu penanganan kesehatan dan keselamatan bagi pasien dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Menteri Kesehatan RI Prof. Dr. dr. Nila Farid Moeloek, Sp. M (K) menyampaikan bahwa sekarang sudah ada sekitar 20 rumah sakit di Indonesia terakreditasi JCI yang merupakan standarisasi kesehatan Internasional.

“Dulu hanya satu rumah sakit yang terakreditasi JCI itu pun swasta, dan sekarang sudah 20 rumah sakit di Indonesia dan 7 diantaranya rumah sakit pemerintah,” tuturnya.

Standarisasi JCI terhadap rumah sakit di seluruh Indonesia merupakan kebanggaan bagi masyarakat, yang tingkat pelayanannya tak kalah dengan rumah sakit Internasional di luar negeri.

“Ini merupakan suatu hal yang membanggakan, dan tentunya kita juga harus terus meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit karena sudah terakreditasi secara Internasional,” ucapnya.

Dalam hal ini memang sangat perlu standarisasi internasional untuk menghadapi MEA. “Saya ingat betul saat persiapan untuk kesehatan haji, mereka inginnya setara dengan standarisasi JCI, dan sekarang seluruh rumah sakit di Indonesia sudah mulai menuju standarisasi JCI,” ungkapnya.

Tak hanya meningkatkan kualitas rumah sakit saja, lanjutnya, namun harus meningkatkan kompetensi SDM juga.(BJ06)