Home Lintas Jateng Menjaring Bibit Atlet Nasional, Kodim 0716/Demak Gelar Archery Open Turnamen 2018

Menjaring Bibit Atlet Nasional, Kodim 0716/Demak Gelar Archery Open Turnamen 2018

1163
0
Menjaring Bibit Atlit Nasional, Kodim 0716/Demak Gelar Archery Open Turnamen 2018
          Demak, 27/8 (BeritaJateng.net) – Ajang pencarian atlet berprestasi berkelas nasional, Kodim 0716/ Demak menggelar Kejuaraan  Panahan Dandim Cup 2018 yang berlangsung di lapangan Pancasila Demak. Dengan tema “Raihlah Prestasi Dengan Cara Terhormat, Melalui Memanah Kita Bela Bangsa,” Di ikuti 400 peserta yang datang dari berbagai kota di Pulau Jawa dan Kepulauan Riau.
       Menurut Dandim 0716/Demak, Letkol Inf Abi Kusnianto mengatakan, selain mencari bibit pemanah yang berkelas internasional yang nantinya dapat mengharumkan nama bangsa, kegiatanbini juga untuk memperingati kemerdekaan bangsa Indonesia yang ke 73.
        “Ini diluar dugaan kami, bahwa diikuti oleh banyak peserta baik dewasa maupun anak-anak dimana total keseluruhannya ada 400 peserta dimana ada 7 kategori perlombaan,” ucap Dandim 0716/Demak.
        Panahan juga merupakan olahraga yang sangat menjunjung tinggi nilai-nilai budi pekerti, sopan santun, sportifitas dan saling menghormati satu sama lain, serta memerlukan kelihaian memanfaatkan angin sebagai media, sehingga melalui perlombaan ini diharapkan lebih meningkatkan semangat pelajar berbagai tingkat sekolah untuk menekuni olahraga ini.
        “Kompetisi panahan seperti ini harus rutin diadakan agar skill dan kemampuan para atlet panahan Indonesia bisa terasah. Yang paling penting bisa memotivasi dan mendorong semua atlet panahan, baik yang masih yunior maupun senior, agar prestasi panahan kita lebih baik lagi,” tegas Letkol Inf Abi Kisnianto.
         Orang nomor satu di jajaran Kodim Demak ini mengaku, jika di kabupaten Demak olah raga Memanah sangat kurang peminatnya, walaupun sarana dan prasarananya sudah tersedia, oleh sebab itu dirinya akan menggandeng jajaran yang terkait untuk bekerja sama dalam mencari bibit-bibit baru cabang olah Panahan ini.
        “Harapan saya setelah kejuaraan ini, di kabupaten Demak muncul klub-klub panahan baru agar kedepannya Demak bisa eksis dikancah panahan baik di tingkat daerah ataupun nasional,” ujar Dandim Demak.
        Selanjutnya Dandim menyampaikan, tujuan perlombaan ini adalah untuk membangkitkan minat pelajar terhadap olahraga khususnya panahan. “Olahraga ini juga disiapkan untuk mencari atlet panahan yang handal. Dalam penjurian kita melibatkan Perpani Jateng,” lanjutnya.
         Kejuaraan panahan Dandim Cup Archery Competition 2018 terdiri dari kategori siswa SD, SMP dan SMA/Umum dan Bare Bow dengan jarak 10 meter, serta kategori Dewasa Bare bow dengan jarak 15 meter. Event perdana ini Jogja Archery School meraih juara umum dengan mendapatkan 9 Emas,17 Perak dan 8 Perunggu, sedangkan juara ke dua diraih GE Force dan juara ke Tiga GE Pas All Force. (BW/El)