Home Hiburan Menikmati Keunikan Obyek wisata Air terjun Saluopa Yang Berundak 12 Tingkat

Menikmati Keunikan Obyek wisata Air terjun Saluopa Yang Berundak 12 Tingkat

492
0
Menikmati Keunikan Obyek wisata Air terjun Saluopa Yang Berundak 12 Tingkat.

Poso, 17/4/16 (BeritaJateng.net) – Air Terjun Saluopa merupakan salah satu obyek wisata Sulawesi Tengah yang menarik di pulau Sulawesi karena keindahan alamnya yang memukau pengunjung. Wisatawan lokal maupun mancanegara yang kerap mengunjungi tempat ini, bahkan menyebutkan jika air Terjun Saluopa ini sebagai salah satu air terjun terbaik yang ada di Indonesia.

Obyek wisata Air terjun Saluopa ini terletak di Desa Tonusu, Kecamatan Pamona Utara, Kabupaten Poso, atau sekira 12 kilometer arah barat Kota Tentena, atau sekira 54 kilometer arah tenggara dari Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah. Jika anda sudah berada di Kota Tentena, anda bisa menggunakan transportasi umum atau kendaraan pribadi untuk menuju lokasi obyek wisata Sulawesi ini. Setelah itu, perjalanan menuju lokasi bisa di tempuh dengan jalan kaki sejauh 500 meter.

Air terjun ini juga dijuluki dengan sebutan Air Luncur Saluopa. Karena air terjun Saluopa memiliki sumber mata air dari pegunungan setempat yang sangat jernih serta airnya meluncur deras dari puncak gunung dengan ketinggian sekitar 25 meter.

Air terjun ini terlihat sangat cantik dan mempesona karena memiliki 12 tingkatan, dimana di setiap tingkatannya membentuk sebuah kolam kecil, serta tangga batu yang dapat didaki oleh para pengunjung karena tidak licin. Selain sebagai akses untuk menuju tingkatan-tingkatan air terjun, para pengunjung juga bisa memanfaatkannya sebagai tempat untuk berfoto. Dengan latar belakang Air Terjun Saluopa, dan jika beruntung maka terkadang akan muncul pelangi diantara Air Terjun Saluopa, sehingga menjadikan pemandangan yang indah sebagai background foto para pengunjung.

Selain itu, di sekitar lokasi air terjun ini anda akan temukan beraneka ragam fauna, juga menikmati panorama alam berupa hutan tropis yang sangat indah dan masih asri dengan udara yang segar. Oh iya, jangan kaget ketika anda sedang melewati hutan tropis ini, karena setiap pengunjung air terjun yang melewati hutan tropis ini, akan di sambut dengan suara atau kicauan binatang penghuni hutan. Selain melewati hutan tropis ini, pengunjung juga pasti akan melewati sebuah jembatan untuk menuju ke air terjun.

Di Kawasan Air Terjun Saluopa sendiri belum tersedia fasilitas penginapan. Namun para pengunjung tidak usah khawatir, karena dapat menginap di Hotel Ue Datu Cottages yang terletak di Kota Tentena.

Saat anda melihat langsung kecantikan Air Terjun Saluopa ini, dijamin semua energi anda yang terkuras tadi, akan terbayar ketika anda tiba dilokasi air terjun terbaik Indonesia sebagaimana diklaim oleh banyak pengunjungnya.(bj50)