Home Headline Menhub Siapkan Mekanisme Baru Hadapi Kemacetan Lebaran 2017 Di Tol Brexit

Menhub Siapkan Mekanisme Baru Hadapi Kemacetan Lebaran 2017 Di Tol Brexit

57
0
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau Stasiun Tawang Semarang.
Semarang, 23/3 (BeritaJateng.net) – Menteri Perhubungan Republik Indonesia Ir. Budi Karya Sumadi menyatakan telah menyiapkan beberapa langkah dan mekanisme untuk mengurangi kemacetan mudik lebaran 2017 mendatang di jalur Tol Brexit.
        “Kami sudah koordinasikan dengan Kapolri. Saya minta Kapolri turut membantu mengerahkan personelnya mengatur lalu lintas. Selanjutnya kami juga sudah koordinasikan ke stakeholder dan Kementerian PUPR untuk menyelesaikan ‘bottleneck’ (penyempitan jalan,Red.) yang terjadi di beberapa tempat,” ujar Menteri Perhubungan Republik Indonesia Ir. Budi Karya Sumadi usai melakukan tinjauan di Stasiun Tawang Semarang, Kamis (23/3).
        Menurut Menhub, jalur tol brexit bukan lah satu-satunya jalur cepat untuk mudik lebaran. Masyarakat dapat pula menggunakan jalur lain seperti jalur lintas selatan dan jalur lintas utara. Tak hanya itu, mereka juga bisa memanfaatkan moda transportasi kereta api dan kapal untuk mudik Lebaran 2017 nanti.
        “Manajemen lalu lintas yang akan kami lakukan sebenarnya simpel, yakni load atau kendaraan masuk area tol harus disesuaikan dengan kapasitas kendaraannya juga. Secara teknis, nantinya pengaturan lalu lintas akan diatur sedemikian rupa. Setiap kendaraan di tol melampaui dua kilometer maka pintu masuk tol akan ditutup dan dialirkan ke jalur lain. Nah… itu berurutan sampai ke Jakarta. Sehingga load di mulut-mulut tol tidak numpuk di tempat. Itu prinsipnya,” jelasnya.
        Ia menjelaskan bahwa Kementerian Perhubungan dan Kepolisian juga tidak diperbolehkan memberikan ekspektasi yang berlebihan kepada masyarakat terkait Tol Brexit. “Kita jelaskan faktanya (Tol Brexit,Red), apa yang akan dihadapi para pemudik dengan adanya fasilitas di lapangan. Dahulu kesalahan kita adalah memberikan ekspektasi berlebihan sehingga pemudik tumpah ruah lewat Tol Brexit,” katanya.
        Ia mengaku akan melakukan koordinasi secara masif dengan Kapolri, Kapolda dan jajaran kepolisian terkait persiapan arus mudik dan langkah antisipasi yang diambil. “Kami akan koordinasikan lebih lanjut Minggu depan. Setidaknya kami sudah punya pengalaman waktu Natal dan Tahun Baru lalu, sehingga usulan dan kritik yang masuk akan kami inisiasi,” jelasnya. (El)