Home Ekbis Menhub Jonan Tak Ingin Proyek Kereta Cepat Mangkrak seperti Proyek Monorel

Menhub Jonan Tak Ingin Proyek Kereta Cepat Mangkrak seperti Proyek Monorel

Jakarta, 27/1/16,(BeritaJateng.net) – Pro dan kontra mengiringi rencana pemerintah membangun mega proyek kereta api cepat Jakarta-Bandung. Banyak pihak yang meragukan proyek ini bakal rampung di tahun 2019.

Menanggapi hal tersebut Menteri Perhubungan Ignasius Jonan memastikan jika nantinya proyek tersebut mangkrak di tengah jalan maka PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) wajib memperbaiki lingkungan sekitar proyek seperti semula.

“Karena itu, proyek itu jangan ditinggalkan apalagi mangkrak seperti proyek monorel, jikapun mangkrak, mereka harus kembalikan lingkungan kembali seperti semula,” kata Jonan di Jakarta, Kamis (27/1/16).

Menurut Jonan proyek tersebut adalah murni bisnis, dimana empat BUMN menyanggupi pengerjaan proyek tersebut. Yakni PT Wijaya Karya, PT KAI, PT Jasa Marga, dan PTPN VIII. Makanya jika nanti di tengah jalan tidak selesai pengerjaannya, empat perusahaan plat merah itu harus menanggung akibatnya.

PT KCIC sendiri belum menyelesaikan berbagai dokumen perizinan yang tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 66/2013 tentang Perizinan Prasarana Perkeretaapian masih banyak syarat yang belum terpenuhi.

“Persyaratan perizinan sudah diberikan kepada mereka (PT KCIC), tapi hingga kini belum dilengkapi. Banyak yang kurang,” ujarnya.

Itu alasan mengapa Jonan belum mengeluarkan izin pembangunan, selain itu dia mengaku hati hati dalam menandatangani perizinan mega proyek ini.(Bj50)