Home Ekbis Menhub Jonan Luncurkan Railbus Batara Krisna di Solo

Menhub Jonan Luncurkan Railbus Batara Krisna di Solo

Railbus 1

Solo, 11/3 (BeritaJateng.net) – Sempat tertunda beberapa waktu lamanya kini kereta perintis Railbus tujuan Solo – Wonogiri Solo resmi diluncurkan langsung oleh Menteri Perhubungan Ignasius Jonan di Stasiun Purwosari, Solo, Jawa Tengah Rabu, (11/3/2015) pagi.

Humas PT KAI Daop VI Yogyakarta Gatut Sutiyatmoko KA Perintis Batara Kresna ini dikelola oleh PT KAI. Memang waktu operasionalnya sedikit terlambat, karena terkendala sarana dan prasarana jalur perlintasan Solo – Wonogiri yang belum begitu siap.

“Perlu berkoordinasi dengan daerah yang dilalui oleh railbus ini. Saat ini semua beres. Petugas yang menjaga pintu perlintasan di jalur railbus ini sendiri ada 20 orang yang disediakan oleh Pemerintah Daerah yang dilalui oleh railbus, juga 2 orang yang diambil dari Kemenhub, ” terang Gatot di stasiun Purwosari,Solo, Jawa Tengah, Rabu (11/3/2015).

Gatot juga mengungkapkan Railbus Batara Kresna berkapasitas 78 tempat duduk dengan memberi toleransi berdiri 39 orang. Jadi setiap harinya railbus ini mengangkut 117 orang yang akan melayani trayek Solo – Wonogiri setiap harinya.

Jadwal untuk railbus Bhatara Kresna akan berangkat dari Stasiun Purwosari ke Stasiun Manang Wonogiri sekitar pukul
06.00 WIB , pukul 10.00 WIB. Sedangkan jadwal dari Wonogri ke Stasiun Purwosari 08.00 WIB, dann pukul 13.45 WIB.

Sedangkan pembelian tiket yang dipatok seharha Rp4.000 sekali jalan dapat dilakukan di masing-masing stasiun yang akan dilalui oleh Railbus, minimal dua atau tiga Pembelian sendiri minimal dilakukan oleh calon pembeli dua jam sebelum Railbus berangkat.

“Railbus ini jarak pendek, tiket bisa dipesan 2 jam sebelum berangat. keberangkatan,” ujar Gatot,

Selain meluncurkan KA Perintis Batara Krisna PT KAI juga memiliki rencana meluncurkan KA barang dengan tujuan Solo – Wonogiri. Karena pertumbuhan industri yang sangat pesat, di kota Solo, Sukoharjo mapun Wonogiri.

“Pertumbuhan industri di Solo, Sukoharjo, Wonogiri ini sangat bagus. Jadinya kenapa tidak, KA barang jarak pendek pun di luncurkan,” paparnya. (BJ24)

Advertisements