Home Nasional Menhub Himbau Untuk Tingkatkan Kedisiplinan Transportasi 

Menhub Himbau Untuk Tingkatkan Kedisiplinan Transportasi 

IMG_9682

Semarang,10/6 (BeritaJateng.net) – Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan inginkan peningkatan kedisiplinan dalam transportasi, untuk mengurangi insiden dan eksiden transportasi.

Hal ini disampaikannya saat menghadiri simulasi keselamatan transportasi dan memperingati hari laut se-Dunia di Pelabuhan Tanjung Mas Semarang, Jumat (12/6).

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menyampaikan bahwa simulasi keselamatan transportasi harus dapat diselenggarakan tiap tahun untuk mengingatkan pentingnya keselamatan transportasi.

“Memperingati hari pelayaran dan hari laut Se-Dunia yang tiap tahun diselenggarakan, yang sekaligus bertujuan untuk mengingatkan pentingnya keselamatan transportasi dan tak terkecuali transportasi laut,” ucapnya.

Dari angka insiden dan eksiden tahun 2014 sangat banyak dalam transportasi pelayaran, ada sekitar 450 insiden dan eksiden pada tahun 2014.

Data tahun tahun lalu, laporan KNKT itu insiden maupun eksiden ada satu setengah perharinya, dengan laporan masuk ada sekitar 10 insiden dan eksiden dalam satu bulannya, hingga bulan ini sudah mencapai 50 insiden dan eksiden.

“Jadi saya harapkan untuk dapat ditingkat kembali pentingnya keselamatan menuju zero insiden dan eksiden, dengan mengurangi kejadian insiden dan eksiden tersebut,” mbuhnya.

Kementrian Perhubungan juga telah mengeluarkan peraturan-peraturan dan izin-izin tentang transportasi, seperti izin berlayar hingga kedisiplinan dari para petugas-petugasnya, dan kedisiplinan ini untuk lebih ditinggkatkan kedepannya.(BJ06)