Home Headline Megawati Prabowo, dari Model Jadi Advokat

Megawati Prabowo, dari Model Jadi Advokat

1119

Sosok satu ini terbilang luar biasa, muda cantik dan Smart. Mengawali karier sebagai model di Semarang dan merambah ibukota kini gadis yang punya nama lengkap Dr (Can) Megawati Prabowo, SH, MKn ini menapaki dunia praktisi hukum sebagai Advokat (Lawyer). Kesan pertama sebagai lawyer, Mega menyebut sebagai pekerjaan yang sulit dan njelimet serta membutuhkan mental baja,

Gadis tinggi semampai ini mengakui dunia model dan praktisi hukum tidak ada korelasinya, namun kiprah dia sebagai model telah menempa dirinya menjadi pribadi yang kuat dan bermental baja serta memiliki jaringan pekerjaan yang sangat luas dan menguntungkan bagi kariernya sekarang sebagai advokat.

“Saya menggeluti dunia entertainer mencari relasi dan mengasah mental tentunya karena advokat harus mempunyai mental baja karena berhadapan dengan klient menghadapi masalah masalah yang begitu rumit,” ungkapnya usai diambil sumpah sebagai Advokat oleh Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Tengah, Kamis (17/2) di MG Setos Ballroom Semarang.

Menjadi Advokat, jelas Megawati, merupakan impiannya sejak dulu. Oleh karena itu dia masuk Fakultas Hukum. Alumni Fakultas Hukum Universitas Pancasila Jakarta 2017 ini kemudian meneruskan pendidikan S2 Kenotariatan di Undip Semarang lulus 2019 dan saat ini masih kuliah S3 di Unissula Semarang.

“Alhamdulillah saat ini saya sudah kandidat doktor pada Pebruari 2020 dari Kaprodi saya setelah sukses ujian proposal dengan disertasi berjudul Rekonstruksi Kebijakan Hukum Pidana dalam Upaya Menanggulangi Tindak Pidana Kekerasan Dalam Rumah Tangga Yang Berbasis Nilai Keadilan dan saya mendapat IPK 3,76,” jelasnya.

Setelah diambil sumpahnya sebagai Advokat dan masuk menjadi anggota Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi), Megawati ingin mendapat kasus di Kota Semarang karena selama ini dia mendapat kasus di daerah lain.

“Sebelum disumpah sebagai Advokat ini, saya menangani beberapa kasus di luar kota. Saat ini saya masih menangani kasus korupsi salah satu bupati saya tidak bisa sebutkan karena kode etik dan ada juga Kepala Dinas di Kabupaten Musi Banyuasin,” bebernya.

Ditanya lebih enjoy sebagai entertainer atau sebagai Advokat, Mega mengaku sama sama enjoy karena sejak kecil memang sudah dididik sebagai model dan saat ini menjalankan profesi Advokat.

“Sekarang saya ada kantor dan ini bukan profesi yang sembarangan saya tidak boleh mencampuradukkan kegiatan saya di entertain dan kegiatan saya waktu beracara di pengadilan,” katanya.

Perempuan yang memiliki gabungan nama dua tokoh nasional Megawati dan Prabowo ini membeberkan bahwa selama ini belajar profesi Advokad dari beberapa tokoh besar seperti Hotman Paris Hutapea SH., MH., Sutrisno, SH dan Dr.H. Djunaedi, SH, Sp.N

“Saya banyak belajar dari bapak Hotman Paris Hutapea. Saya sempat magang dengan beliau. Saya digembleng dari mulai langsung terima klient di Kopi Joni,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Advokat senior Otto Hasibuan mengungkapkan kebanggaannya atas disumpahnya Megawati Prabowo sebagai Advokat. Menurut Otto, tidak banyak entertainer yang kemudian terjun sebagai Advokat. Selama ini kebanyakan entertainer melanglangbuana kemana mana.

“Saya bangga sekali dengan Mega ini. Sebagai Puteri Indonesia Jawa Tengah 2017 mau jadi Sarjana Hukum, sudah Master lagi sekarang menyelesaikan program Doktor dan sekarang jadi Advokat jarang loh. Kalau sudah jadi Puteri Indonesia biasanya mainnya sudah dimana mana,” katanya.

Ungkapan bangga juga disampaikan Advokat Senior lainnya yakni Hj. Nurmala, SH MH yang kagum dengan sosok Megawati. Menurut Nurmala, Mega merupakan sosok pekerja keras dan mau belajar sehingga walaupun belum diangkat sebagai Advokat sudah menangani banyak kasus.

“Iya belum juga diangkat sebagai Advokat tapi banyak kasus yang sudah ditangani. Ada kasus perdata dengan tergugat seorang bupati dan kasus korupsi berjumlah 4 kasus dan ada lagi kasus penggelapan,” pungkasnya.

(NK)