Home News Update Mata Kuliah Umum UMK Kudus, Kiat Sukses Dengan Prinsip A3

Mata Kuliah Umum UMK Kudus, Kiat Sukses Dengan Prinsip A3

Patricia Rolla Bawata-02

KUDUS, 19/10 (BeritaJateng.net) – Untuk meraih kesuksesan dalam hidup dan berwirausaha, tak cukup dengan mengandalkan ijazah atau sertifikat dari sebuah lembaga pendidikan. Tetapi ada tiga prinsip yang paling tidak bisa menjadi penunjang meraih kesuksesan, yakni A3. A3 ini meliputi ability (kemampuan), attitude (sikap), dan appearance (penampilan).

Patricia Rolla Bawata, Presiden Direktur MNC Life mengutarakan hal itu dalam seminar ‘’Menumbuhkan Semangat Wirausaha bagi Mahasiswa’’ yang diselenggarakan kerja sama dengan UPT. Mata Kuliah Umum (MKU) dan Keterampilan Universitas Muria Kudus (UMK), Senin (19/10).

‘’Untuk memiliki kemampuan, pendidikan harus tuntas. Pendidikan sangat penting, dan tidak akan berhenti selama nafas masih di kandung badan. Selain itu, agar menjadi seseorang atau wirausahawan sukses, harus memiliki semangat pantang menyerah dan  berpenampilan yang baik,’’ ujarnya.

Di luar tips A3 yang dikemukakannya, Patricia yang mengaku telah menjadi wirausahawan sejak masih di bangku SMP, ini juga mengutarakan pentingnya tujuan hidup. ‘’Seseorang y ang tidak memiliki tujuan hidup, itu ibarat orang yang tidak waras. Maka, tujuan hidup itu penting, dan dibarengi dengan pikiran positif untuk mencapai kesuksesan,’’ lanjutnya.

Pada kesempatan itu, Presiden Direktur MNC Life yang menjadi penjual kue sewaktu masih di bangku sekolah, juga memotivasi tak kurang dari 1.500 mahasiswa yang mengikuti seminar agar memiliki rasa kepercayaan diri. ‘’Anda harus memiliki rasa percaya diri, jangan mider. Orang Indonesia harus berani bersaing dengan orang luar negeri,’’ tegasnya.

Rektor Dr. Suparnyo SH. MS. dalam sambutannya sebelum membuka seminar, menyampaikan, bahwa perguruan tinggi yang dipimpinnya, mendorong mahasiswa agar tidak sekadar menjadi pencari kerja setelah lulus, tetapi juga bisa membuka peluang kerja atau usaha sendiri.

‘’Maka itu, UMK memiliki beberapa keterampilan wajib, yaitu komputer, Bahasa Inggris, dan wira usaha. Ini sebagai solusi atas tidak sebandingnya lapangan kerja dengan lulusan perguruan tinggi setiap tahunnya,’’ ujarnya.

Dia pun menyebut, berbagai keterampilan wajib yang mesti dikuasai mahasiswa, ini sebagai bentuk kepedulian UMK dan upaya mendorong lulusannya menjadi pengusaha.

‘’Sebuah riset menyebutkan, orang-orang kaya di Amerika Serikat, 60 % adalah pebisnis (pengusaha). Maka jadilah pengusaha, karena pengusaha itu jasanya besar, yaitu membantu negara dalam mengurangi pengangguran dan angka kemiskinan,’’ ucapnya. (Bj)